Berita

Resolusi di Luar Ekspektasi, Stan Sajikan Informasi Pencapaian Luar Biasa Diskominfo Kaltim di Tahun 2023

  •   Ceppy
  •   10 Januari 2024
  •   4:50pm
  •   Berita
  •   330 kali dilihat

Samarinda – Turut berpartisipasi dan memeriahkan gelaran Pesta Rakyat Kaltim (PRK) tahun 2024, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur (Diskominfo Kaltim) menyajikan stan pameran dengan mengangkat tema “Pencapaian Diskominfo Kaltim tahun 2023”. Tema ini diangkat untuk menyajikan informasi sekaligus memberikan wawasan kepada masyarakat tentang kontribusi dan kemajuan yang telah dicapai oleh Diskominfo Kaltim selama setahun terakhir.

Nampak penjabat (Pj) Gubernur Kaltim, Akmal Malik didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kaltim, Sri Wahyuni dan Kepala Diskominfo Kaltim, Muhammad Faisal mengunjungi stan usai pembukaan resmi PRK Selasa (09/01/2024).

Berbagai pencapaian luar biasa yang berhasil diraih oleh Diskominfo Kaltim dalam tahun 2023. Faisal mengatakan, resolusi awal tahun yang di luar ekspektasi telah menghasilkan berbagai prestasi yang membanggakan. Tahun 2023 dimulai dengan berbagai tantangan, seperti peningkatan signifikan di anggaran dan beban tugas yang berat.

Namun, dengan semangat yang tinggi dan kerja keras, Diskominfo mampu mengatasi hambatan tersebut. Pergantian pimpinan yang terjadi dengan ritme yang cepat juga berhasil diadaptasi dengan baik.

"Saya cukup kaget dengan semangat dan kinerja kawan-kawan di Diskominfo. Meskipun pada awalnya terasa sulit, tetapi ternyata kita bisa mengimbangi dengan baik, terutama pada semester 2 triwulan 3," ujar Faisal

Ketua Asosiasi Diskominfo Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) itu juga menambahkan, menariknya, kepemimpinan yang masih muda dari Pj Gubernur memberikan dampak positif. Dengan wawasan nasional yang luas, adaptasi terhadap perubahan cepat dilakukan dengan sukses.

"Adaptif dengan target terukur dan data-data akurat, Pj Gubernur mampu memberikan arah yang jelas dan cepat dalam pencapaian tujuan," imbuhnya.

Diskominfo Kaltim berhasil mencapai beberapa prestasi yang patut diperhitungkan. Pada sektor anggaran, Diskominfo kini berada di 10 besar teratas dalam realisasi APBD Provinsi Kaltim. Dalam tiga bulan terakhir tahun 2023, kinerja yang luar biasa ditunjukkan dengan realisasi keuangan mencapai 95 persen, melebihi realisasi pemprov yang mencapai 93 persen.

Prestasi dalam bidang komunikasi juga tidak kalah mengesankan. Kondisi media yang kondusif tercermin dari Indeks Kemerdekaan Pers Nasional yang menempatkan Provinsi Kaltim pada peringkat pertama nasional. Selain itu, Diskominfo juga meraih berbagai penghargaan dari lembaga independen seperti Komisi Informasi, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan Dewan Pers.

Dalam bidang transformasi digital, Diskominfo Kaltim menduduki peringkat ke-9 nasional. Indeks literasi digital, indeks masyarakat digital, dan indeks transformasi digital nasional juga menempatkan Kaltim pada peringkat yang sangat membanggakan.

HM Faisal menutup pernyataannya dengan mengatakan, "Ini bukan untuk sombong, tetapi sebagai bentuk kebanggaan saya dan kawan-kawan di Diskominfo Kaltim. Semoga capaian ini membawa berkah dan energi baru bagi kemajuan Pemprov Kaltim di masa mendatang." pungkasnya. (cpy/pt)

Berikut beberapa Data Prestasi Diskominfo Kaltim Tahun 2023:

1. Peringkat 9 pada Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral Pada Instansi Pusat dan Pemda Tahun 2023 oleh BPS RI, berdasarkan SK Kepala BPS Nomor 741 tahun 2023 dengan nilai 2,26 kategori Cukup. Diserahkan oleh Kepala BPS Kaltim tanggal 22 Desember 2023 di Samarinda.

https://diskominfo.kaltimprov.go.id/statistik/kaltim-masuk-10-besar-nasional-hasil-evaluasi-penyelenggaraan-statistik-sektoral

https://diskominfo.kaltimprov.go.id/statistik/bps-kaltim-komitmen-tingkatkan-kualitas-penyelenggaraan-statistik-sektoral-di-daerah

2. Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tahun 2023, dengan predikat Informatif (4 tahun berturut2) dengan masuk di ranking 8 Nasional untuk Badan Publik Pemprov Kaltim diserahkan pada tanggal 19 Desember 2023 oleh Ketua Komisi Informasi Pusat di Istana Wakil Presiden Jakarta.

https://diskominfo.kaltimprov.go.id/penghargaan/pemprov-kaltim-raih-peringkat-8-nasional-dalam-anugrah-keterbukaan-informasi-publik-2023

3. Indeks Transformasi Digital Nasional tahun 2023 dengan nilai 55,53 masuk diperingkat 9 Nasional, disampaikan oleh Kementerian Kominfo di Hotel Kempinski Jakarta tanggal 14 Desember 2023.

..

4. Peringkat Terbaik ke 2 Kategori Pengelolaan Keuangan di Pemprov Kaltim, diserahkan oleh Pj Gubernur Kaltim tanggal 12 Desember 2023 di Hotel Mercure Samarinda, BRIDA Kaltim.

https://diskominfo.kaltimprov.go.id/pemerintahan/diskominfo-kaltim-raih-penghargaan-peringkat-ii-pengelolaan-keuangan

5. Peringkat 1 Terbaik Penghimpun Meta Data Statistik Sektoral Perangkat Daerah Pemprov Kaltim Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh BPS Kaltim dan diserahkan oleh Sekdaprov Kaltim di Hotel Bluesky Balikpapan.

....

6. Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2023 sebagai Pemda Peduli Penyiaran diserahkan oleh Ketua Komisi Penyiaran Pusat di Hotel Ayana Midplaza Jakarta tanggal 26 November 2023.

....

7. Anugerah KPID Kaltim Award Tahun 2023 dimana Kadis Kominfo Kaltim sebagai Tokoh Peduli Penyiaran diserahkan oleh Sekdaprov Kaltim pada tanggal 11 November 2023 di Hotel Bumi Senyiur Samarinda.

https://diskominfo.kaltimprov.go.id/penghargaan/faisal-terima-penghargaan-tokoh-peduli-penyiaran-di-kpid-award-2023

8. Indeks Kemerdekaan Pers Nasional tahun 2023, yang diselenggarakan oleh Dewan Pers menempatkan Provinsi Kaltim pada peringkat 1 Nasional dengan indeks 84,38 dan ini berarti mempertahankan peringkat 1 tahun 2022 (83,78)

https://diskominfo.kaltimprov.go.id/berita/membanggakan-kaltim-kembali-raih-peringkat-pertama-indeks-kemerdekaan-pers-2023

9. Festival Komunitas Informasi Masyarakat (KIM Fest 2023) yang dilaksanakan di Surabaya tanggal 27-28 Oktober 2023 Pemprov Kaltim meraih gelar sebagai KIM Adaptif dari Kementerian Kominfo. (diwakili oleh KIM Muara Badak Kutai Kertanegara)

https://diskominfo.kaltimprov.go.id/budaya/torehkan-prestasi-kim-muara-badak-peroleh-penghargaan-nasional-kim-adaptif-pada-kimfest-2023

10. Wartawan Legend Award sebagai Tokoh Kebebasan Pers kepada Kadis Kominfo Kaltim, diserahkan oleh H.Rizal Effendi di Hotel Grand Mutiara Bontang pada tanggal 8 Oktober 2023.

https://diskominfo.kaltimprov.go.id/berita/terima-penghargaan-wartawan-legend-award-2023-faisal-kebebasan-pers-milik-seluruh-masyarakat-kaltim

11. Penghargaan Responden OPD Terbaik di Kaltim, diserahkan Kepala BPS Kaltim pada Upacara Hari Statistik Nasional di Halaman Kantor BPS Kaltim tanggal 26 September 2023.

https://diskominfo.kaltimprov.go.id/pemerintahan/diskominfo-kaltim-terima-penghargaan-di-hari-statistik-nasional

12. Anugerah Indonesia Award pada kategori Outstanding Award For Integrated Initiative yang diselenggarakan oleh Inews TV dan diserahkan di Grand Studio INews Tower Jakarta, pada tanggal 1 September 2023.

https://diskominfo.kaltimprov.go.id/berita/kaltim-terima-anugerah-indonesia-awards-2023-buktikan-inovasi-dan-dedikasi-di-sektor-pendidikan

13. Anugerah Merdeka Award yang diserahkan oleh Menteri Perdagangan RI pada tanggal 31 Agustus 2023 di Studio SCTV Tower Jakarta dan dilaksanakan oleh merdeka.com.

https://diskominfo.kaltimprov.go.id/berita/komitmen-dalam-penguatan-ekspor-daerah-pemprov-kaltim-raih-penghargaan

14. Indeks Literasi Digital Nasional 2022, dikeluarkan oleh Kementerian Kominfo pada Februari 2023 menempatkan Provinsi Kaltim pada peringkat ke 3 Nasional dengan nilai 3,62 (peringkat yg sama pada tahun 2021) yang diumumkan pada acara Peluncuran Status Literasi Digital Indonesia di Menara Danareksa Office Jakarta.

https://diskominfo.kaltimprov.go.id/berita/indeks-literasi-digital-2022-kaltim-bertahan-di-tiga-besar-nasional

15. Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) Tahun 2023, diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat yang diumumkan pada tanggal 15 Juni 2023 di Hotel Pullman Jakarta, dengan indeks Provinsi Kaltim 77,90 (peringkat 12 Nasional) naik dari tahun 2022 IKiP nya 77,61 dan 2021 IKIP nya 76,96.

https://diskominfo.kaltimprov.go.id/berita/nilai-indeks-kip-kaltim-2023-meningkat

16. Indeks Keamanan Cyber 2023, dilaksanakan oleh BSSN RI dengan indeks Provinsi Kaltim