Transportasi

Puncak Arus Balik di Pelabuhan Semayang Diprediksi 14-16 April 2024

  •   prabawati
  •   14 April 2024
  •   10:33am
  •   Transportasi
  •   670 kali dilihat

 Samarinda - Puncak Arus Balik Lebaran 2024 melalui kapal laut di Pelabuhan Semayang Balikpapan diprediksi terjadi pada 14-16 April 2024.

 “Hasil perkiraan kami menunjukkan bahwa arus balik penumpang yang akan menggunakan kapal laut di terminal ini diperkirakan terjadi dari malam tanggal 14 April malam hingga 16 April 2024. Periode ini diperkirakan sebagai waktu puncak kepulangan bagi para penumpang kapal laut."ungkap Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Laut dan Usaha Pelabuhan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) I Komang Wisnu Dananjaya saat menjadi pembicara pada arus balik 2024, Minggu (14/4).

 Diperkirakan sekitar 3.000 hingga 4.000 penumpang akan kembali menggunakan kapal laut melalui terminal ini untuk melanjutkan aktivitas pasca-liburan.

 Kapal-kapal yang akan tiba berasal dari Surabaya, Parepare, dan Pantoloan akan membanjiri terminal ini selama periode tersebut.

 Menyikapi lonjakan ini, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) telah bersiap bekerja sama dengan operator pelayaran dan terminal untuk menghadapi arus balik ini.

 Sejumlah langkah telah diambil, termasuk penyiapan personil tambahan untuk memastikan kelancaran proses keberangkatan penumpang di Terminal Semayang.

 Kolaborasi erat juga terjalin dengan pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan guna memastikan mobilitas penumpang terjaga lancar.

 Meskipun persiapan telah dilakukan, beberapa masalah seperti penumpang tanpa tiket atau tiket tidak sesuai identitas masih menjadi perhatian. KSOP terus memberikan edukasi kepada penumpang tentang pentingnya memiliki tiket sesuai identitas untuk memastikan kelancaran proses keberangkatan.

 Untuk itu, diimbau seluruh calon penumpang dan penumpang yang akan menggunakan Pelabuhan Semayang untuk selalu menjaga kenyamanan dan keamanan. Mereka juga diminta untuk melengkapi identitas diri dan membeli tiket hanya di agen resmi yang ditunjuk atau kantor perusahaan pelayaran terpercaya. Hal ini diharapkan dapat meminimalisir kendala selama masa arus balik ini. (Prb/ty).