Teknologi

Tingkatkan Kecakapan Informasi Digital

  •   ade putri
  •   28 Juni 2021
  •   6:16pm
  •   Teknologi
  •   567 kali dilihat

SAMARINDA- Pandemi Covid-19 membuka luas kesempatan bagi kita untuk melakukan transformasi digital secara besar-besaran serta membuat teknologi memiliki banyak kemajuan. Pandemi membuat banyak hal berubah, salah satunya dalam hal Pemanfaatan Teknologi Di Masa Pandemi, yakni  e-commerce semakin populer.

Akibat dari adanya Covid-19 Pemerintah memutuskan untuk memperketat dan membatasi adanya pertemuan, pembelajaran dan diubah menjadi sistem jarak jauh atau daring. Maka, untuk tetap melakukan kegiatan semula, semua hal dilakukan secara online sehingga tidaklah heran jika kita semakin membutuhkan skill digital.

Kalangan UMKM dipaksa untuk lebih melek teknologi yang berkecimpung dunia digital agar bisnis tetap berjalan walau di masa pandemi. Tidak hanya itu, Pemerintah juga memaksa masyarakat untuk melek teknologi agar semakin terbiasa terutama di masa pandemi ini.

Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi mengatakan dalam rangka meningkatkan partisipasi digital masyarakat dalam pengembangan ilmu pengetahuan di bidang TIK dan pendidikan, masyarakat harus mendorong tingkat kecakapan informasi digital dan pemanfaatan teknologi baru tersebut.

Hal tersebut disampaikannya pada saat Webinar dengan tema Memanfaatkan Dunia Digital Di Masa Pandemi Dengan Baik, Senin (28/6/21).

Beliau mengimbau bagi seluruh masyarakat untuk mendukung dan mengikuti acara seminar webinar yang membahas tentang memanfaatkan dunia digital di Masa Pandemi dengan baik.

Dalam webinar tersebut, masyarakat bisa mendapatkan ilmu dari narasumber berpengalaman tentang bagaimana cara yang aman dalam pemanfaatan teknologi. Diantaranya, dampak penyebaran berita hoaks bahkan saat berbelanja online.

Untuk diketahui, penyebaran berita bohong atau hoax ini juga tinggi di masa pandemi, karena banyak berita-berita dari orang tidak bertanggung jawab coba menyebarkan berita-berita yang tidak benar baik dalam bentuk tulisan maupun video.

Selanjutnya, masyarakat juga dapat mengetahui pentingnya memiliki digital skill dimasa pandemi serta tentang tren pekerjaan dan usaha di dunia digital. (ade/pt)