Teknologi

Tingkatkan Efektifitas, Kominfo Kembali Lakukan Pelatihan Aplikasi SIDA

  •   Dira Samad
  •   6 Juli 2021
  •   11:15pm
  •   Teknologi
  •   775 kali dilihat

 

Samarinda – Dinas Komunikasi dan Informatika Kaltim kembali menggelar Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Digital Administrasi (SIDA) pada Dinas Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kaltim, RSU Abdul Wahab Sjahranie, Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim di ruang Pelatihan Komputer Diskominfo Kaltim pada Selasa,(6/7).

SIDA yang merupakan bentuk implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). SIDA sendiri telah menerapkan penggunaan Tandatangan Elektronik (TTE) deengan menggunakan layanan penerbitan Sertifikat Elektronik.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kaltim Muhammad Faisal mengatakan bahwa tahun 2021 aplikasi SIDA sudah mulai diterapkan dibeberapa OPD, meskipun belum mencakup keseluruhan OPD.

“Kami mulai dari OPD yang pimpinannya mempunyai komitmen kuat untuk menggunakan sistem ini, jika pemimpinnya tidak mau kami tidak bisa paksakan, Insha Allah sambil berjalan regulasinya akan kami buatkan Pergub atau Perda baru bisa kamu mewajibkan seluruh OPD,” ucapnya saat ditemui.

Dia pun menegaskan, Aplikasi SIDA yang telah dikembangkan ke versi Android ini lebih jauh terasa  lebih efektif dan tentunya efesien karena dengan teknologi ini tidak akan terhalang dengan waktu dan tempat.

“Aplikasi ini membuat kita tidak terhalang dengan waktu dan tempat lagi, dimanapun dan kapanpun kita bisa melakukan kegiatan apalagi dimasa pandemi ini sangat mendukung WFH yang diterapkan oleh Pemerintah agar kita tetap bisa berkoordinasi dengan baik,” tambahnya.

Pelatihan Penggunaan aplikasi pada server uji coba aplikasi SIDA oleh Kasi Pengembangan Sumber Daya TIK Noor Fitriantono