Teknologi

Sudah Saatnya Adaptasi Jalankan Pemasaran Dengan Digitalisasi

  •   resa septy
  •   1 November 2021
  •   8:05pm
  •   Teknologi
  •   460 kali dilihat

Samarinda – Pandemi Covid-19 membawa hikmah tersendiri terutama dalam percepatan transformasi digitalilasi. Model bisnis baru bahkan muncul sebagai inovasi dari pemasaran konvensional yang sebelumnya mengharuskan antara penjual dan pembeli bertatap muka, kini mampu dimediasi secara digital. 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur, Muhammad Faisal menyerukan sudah saatnya beradaptasi, kekinian, ikuti tren baru jalankan pemasaran digital agar tidak tertinggal.

“Kita memang harus masuk ke digital marketing, karena potensinya besar sekali, nilai ekonominya gede, peluang usahanya juga besar dan ini sudah jadi budaya kita,” kata Faisal sebagai narasumber dalam kegiatan Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 dengan tema “Lindungi Diri Bersama Literasi Digital” edisi Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, Senin (1/11).

Faisal menerangkan bahwasannya banyak manfaat didapati bagi pelaku usaha apabila menjalankan pemasaran secara digital. Diantaranya target pelanggan mudah dan luas, informasi pelanggan detil, efisien dan efektif, brand cepat viral, bisnis terarah dan dinamis, trust pelanggan positif, integrasi sistem dan pengembangan, serta “nilai online” yang kuat.

Adapun etika ditambahkannya perlu diperhatikan dalam menjalankan usaha secara online. Pelaku usaha hendaknya tetap ramah, standby layani setiap pesan yang masuk, berinteraksi dengan bahasa umum dan sopan, jujur dalam mendeskripsikan keterangan produk atau jasa, menjaga keamanan data pelanggan, garansi, harga yang tak berubah-ubah, serta tanggapi komplain dengan baik.

“Online juga harus tetap prima. Ini sama dengan (pemasaran) konvensional. Jangan diabaikan soal pelayanan dan etika ini. Lakukan inovasi, apapun usaha harus inovasi. Kalau gak kita akan ketinggalan. Suka tidak suka, harus masuk ke digital. Ayo kita masuk ke digital,” tutupnya. (resa/pt)