Teknologi

Sa’bani : Orang Mahir Komputer Punya Banyak Peluang

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   2 November 2021
  •   2:54pm
  •   Teknologi
  •   529 kali dilihat

Balikpapan - Perkembangan teknologi semakin pesat terutama dibidang komputer. Ilmu teknologi informasi digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, bahkan sampai ke urusan pemerintahan dalam pengambilan keputusan.

Sekretaris Daerah Prov Kaltim, Muhammad Sa’bani menuturkan orang-orang yang terlibat dalam perkembangan teknologi dan informasi memiliki kesempatan dalam berbagi peluang kemampuan dan pengetahuan yang menghadirkan sesuatu.

“Orang-orang yang mahir komputer punya banyak peluang. Mereka banyak yang memanfaatkan keahliannya untuk membuat semacam ekonomi kreatif seperti game online, start up dan lainnya. Itu menghasilkan pundi-pundi rupiah. Tapi itu untuk non ASN. Kalau ASN di kantor Diskominfo Balikpapan ya bisa dipecat Pak Sutadi (Kadiskominfo),” ucap Sa’bani sambil tertawa saat menghadiri workshop pranata komputer di Hotel Grand Jatra Balikpapan, Selasa (2/11/2021).

Sa’bani menegaskan Pranata Komputer (Prakom) yang diberi tugas dan tanggung jawab diberbagai aktifitas informatika, aplikasi, sistem dan berbagai macam lainnya yang menggunakan komputer serta digitalisasi lainnya itu perlu dijaga integritasnya.

“Misalnya yang di Bapenda, jangan main-main dengan pajak. Karena kemampuannya mengakses sistem informasi, mengakses password, mengolah data, intinya jangan macam-macam dengan hal yang tidak dibenarkan. Jangan sampai keahlian prakom disalahgunakan,” tegasnya. (cht/pt)