Teknologi

Kolaborasi Wantiknas dan Multistakeholder Untuk Akselerasi Transformasi Digital Nasional

  •   resa septy
  •   8 November 2021
  •   1:43pm
  •   Teknologi
  •   544 kali dilihat

Samarinda – Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Wantiknas) bangun kolaborasi bersama multistakeholder melalui sebuah rangkuman pemikiran sebagai respon atas arahan Presiden Republik Indonesia mengenai akselerasi transformasi digital.

Beberapa hal akan dilakukan Wantiknas sebagai landasan awal dalam upaya akselerasi transformasi digital nasional, diantaranya ialah mengevaluasi capaian transformasi digital di level nasional dan daerah, menyusun dokumen laporan dan rekomendasi transformasi digital untuk disampaikan ke Presiden RI, membangun sinergi melalui dokumentasi showcase capaian dan inisiatif transformasi digital berbagai pihak.

“Dunia digital adalah dunia kolaboratif, multistakeholders sangat berperan disini. Karena itu WANTIKNAS ingin proses transformasi digital ini perlu dilakukan secara kolaboratif. Ini yang kami harapkan, Bapak/Ibu dari Dewan TIK Daerah, Dinas Kominfo dapat ikut terlibat dalam inisiatif ini,” ucap Wakil Sekretaris 1 Tim Pelaksana Wantiknas, M. Andy Zaky pada kesempatannya membuka Rapat Koordinasi Wantiknas – Wantikda secara virtual, Senin (8/11).

Pada awal bulan Desember tahun 2021, selain dibuatnya rangkuman pemikiran dari multistakeholder, Wantiknas akan menggelar Digital Transformation Virtual Expo 2021 dengan tema “Akselerasi Transformasi Digital Untuk Pertumbuhan Yang Berkelanjutan dan Merata”.

Kegiatan tersebut direncanakan berlangsung selama tiga hari, terhitung dari 7 hingga 9 Desember 2021 secara virtual.  Adapun rangkaian kegiatan, diantaranya pameran showcase transformasi digital, seminar/webinar dan workshop. Diikuti oleh 50 Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Daerah serta Perusahaan yang menampilkan showcase transformasi digitalnya.

“Apa yang ditampilkan di Webinar itu adalah merespon atau menjawab apa yang menjadi arahan dari Presiden RI. Jadi mengangkat soal infrastruktur, pusat data dan talenta. Ini menjadi fokus diskusi kita selama tiga hari. Dari sini kita akan punya sebuah kompilasi pemikiran dan menjadi rekomendasi yang akan kita sampaikan ke Presiden pasca acara. Harapannya kegiatan ini nanti WANTIKDA dan Dinas Kominfo bisa berpartisipasi aktif di dalamnya,” tutupnya. (resa/pt)