Teknologi

Kembangkan Radio, Updating Ikuti Tren Kekinian

  •   resa septy
  •   13 Juli 2021
  •   2:56pm
  •   Teknologi
  •   561 kali dilihat

SAMARINDA - Meningkatnya tren pendengar radio di kala adanya pemberlakuan Work From Home (WFH) maupun isolasi mandiri masa pandemi Covid-19, menjadi momen emas untuk mengembangkan radio sesuai dengan teknologi masa kini.

Terlebih pengelolaan radio saat ini bukan lagi sekedar hobi. Lantaran statusnya sudah meningkat menjadi lembaga penyiaran yang di dalamnya berbicara mengenai provit, industri bahkan manajemen.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Prov Kaltim, Muhammad Faisal pada kesempatannya membuka Evaluasi Dengar Pendapat (EDP) PT. Swara Citra Delima Mandiri (De5 FM), melalui Zoom Meeting yang digelar oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kaltim, Selasa (13/07/2021).

“Mari kembangkan bisnis radio ini, updating dengan teknologi sekarang. Jangan terpaku hanya soal radio saja walaupun tren radio sedang naik di saat Work From Home. Mari kita mengikuti tren-tren kekinian,” ajak Faisal.

Media sosial dicontohkan Faisal dapat menjadi sarana bagi pengusaha penyiaran radio untuk mengembangkan bisnisnya. Baik promosi event maupun siaran live. Visualisasi inilah disebutkan Faisal menjadi double impact atau kekuatan besar dari sebuah radio.

“Teknologinya sederhana sekali, tetapi kita manfaatkan sosial media dengan sebaik-baiknya,” imbuhnya dengan semangat.

Kemudian, mantan Kepala Dinas Perindustrian Kota Samarinda ini berpesan agar media baik cetak maupun elektronik seperti halnya radio dapat selalu mengedukasi dan mensosialisasikan protokol kesehatan.

Selain itu, Faisal juga menambahkan pentingnya peranan radio di tengah merosotnya pertumbuhan ekonomi di masa pandemi dan pemberlakuan PPKM Darurat. Dampak yang sangat dirasakan oleh UMKM khususnya, manjadi alasan mengapa radio diharapkan dapat merangkul UMKM daerah untuk menjadi wadah promosi. (resa/pt)