Teknologi

Faisal : Gunakan Internet Dengan Bijak Ambil Hikmah Positif

  •   pipito
  •   12 Oktober 2021
  •   9:31pm
  •   Teknologi
  •   1327 kali dilihat

Samarinda- Internet merupakan salah satu dari bukti kemajuan teknologi saat ini yang perkembangannya begitu pesat. Keberadaan internet mampu membuat seseorang dengan mudah memperoleh informasi yang diinginkan.

Internet juga digunakan untuk bermacam kepentingan seperti kebutuhan edukasi, pencarian informasi, atau bahkan sekadar bersenang-senang melalui wadah media sosial. Selain banyak manfaat positif, hadirnya internet sering kali disalahgunakan dan dimanfaatkan untuk keperluan yang tidak seharusnya sehingga memberi konotasi negatif pada internet itu sendiri. 

Indonesia di era digital  menjadi 10 negara- negara pemilik Starup terbanyak di Asia.  Ini menjadi salah satu yang membanggakan, bahkan no 2 setelah negara India di Asia, ucap  Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim, Muhammad Faisal saat menjadi narasumber dalam kegiatan virtual Gerakan Nasional Literasi Digital dengan tema “Dengan Menjadi Konten Kreator Yang Positif” secara virtual, Selasa (12/10).

Dalam paparan materi berjudul “Bijak Dalam Berinternet Cara Cerdas Lindungi Diri di Era Digital”, Faisal menjelaskan rata-rata masyarakat Indonesia mengakses internet 8 jam lamnya dan media sosial selama 3 jam,

Ia menyebutkan hikmah dari pandemi salah satunya terjadi percepatan transformasi digital. Serta ada  ada beberapa menjadi hal yang baru dan booming di masa pandemi. Hal baru  tersebut diantaranya, belanja online,  bekerja dari rumah (Work from Home), belajar online (jarak jauh),  cari hiburan secara online dan pembayaran digital.  Trend tersebut menjadi kebiasaan yang tidak bisa dipungkiri di masyarakat. Dibarengi juga dengan menjaga data diri privasi kita.

Lanjut Faisal dapat dilihat bahwa pengaruh internet ada sisi positif dan juga tidak bisa dipungkiri ada sisi negatif yang mengikutinya.  

“Disini kita membahas positif saja. Intinya hati-hati berinternet. Saya yakin semuanya sudah bijak harus positif, tidak terpengaruh hal-hal yang negatif dan jaga privasi, imbuh Faisal.  

Dalam kesempatan tersebut Faisal mengajak agar masyarakat agar menggunakan internet dan media sosial dengan bijak untuk hal-hal positif, promosi, digital marketing dan lain sebagainya.

Gunakan internet dengan bijak adalah ada pada diri kita ada pada otak dan hati kita sendiri. Jadi kehidupan real space (dunia nyata) dan cyber space  itu sama. Jika kita baik di kehidupan dunia nyata sama dengan baik di dunia maya, begitupun sebaliknya jika jelek di dunia nyata sama dengan jelek di dunia maya, tutupnya. (pt)