Teknologi

Faisal: Dunia Digital, Banyak Ilmu dan Modal Ringan

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   29 Juni 2021
  •   12:37pm
  •   Teknologi
  •   406 kali dilihat

SAMARINDA- Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Prov Kaltim, Muhammad Faisal menegaskan kepada para tenaga pendidik sekolah agar memanfaatkan dunia digital yang saat ini sangat dibutuhkan untuk melakukan berbagai kegiatan, terutama berdampingan dengan situasi pandemi Covid-19.

“Tujuan mengajar digital ini kan efektif dan efisien. Jangan sampai karena seharusnya waktu lebih singkat dengan digital, tapi jadi lama karena tidak paham. Tiada kata terlambat untuk belajar. Dunia digital tak perlu biaya besar. Dengan modal ringan,  harusnya kita lebih banyak dapat ilmu,” tegasnya saat memberi arahan pada Pelatihan Google Master Trainer di Ruang Warung Informasi Etam Kaltim (WIEK), Selasa (29/6/2021).

Meski begitu, Faisal menuturkan perlunya pendampingan digital agar tujuan awal dalam mengajar bisa terlaksana dengan baik. Jangan sampai anak-anak didik hanya bisa memanfaatkan waktu sebentar untuk belajar dan selanjutnya dipakai untuk main-main berselancar di dunia maya.

“Saya yakin kita masuk dunia digital perlu pendampingan tidak hanya dapat pelajaran mengajar digital. Jangan sampai anak-anak kita satu jam dapat ilmu, lima jam dipakai main game,” serunya.

Faisal menambahkan, untuk mendukung masyarakat melek informasi maka Pemerintah membuat program literasi digital. Hal ini dimaksudkan sebagai pendampingan dalam era digital.

“Soal pendampingan digital, kami juga masih punya PR. Terutama soal jaringan daerah blankspot di pelosok agar mereka juga bisa memanfaatkan internet dan dunia digital dengan positif. Namun, masyarakat yang sudah biasa dengan digital bisa lebih memanfaatkannya lagi,” imbuhnya. (cht/pt)