Teknologi

Diskominfo Kaltim Terus Sosialisasikan TV Digital

  •   Bagus Setiawan
  •   13 Juli 2021
  •   9:38pm
  •   Teknologi
  •   341 kali dilihat

SAMARINDA - Perlahan siaran televisi analog yang selama ini digunakan akan digantikan dengan penyiaran berbasis digital. Penyiaran digital pada abad ini nyatanya tidak terbendungkan lagi.

Layaknya Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur yang tak henti-hentinya mensosialisasikan siaran TV digital. Sosialisasi ini diakui Kepala Diskominfo Prov Kaltim, Muhammad Faisal digalakkan melalui berbagai media kepada masyarakat Kaltim khususnya.

Faisal membeberkan hal tersebut pada kesempatannya berbincang dalam program podcast Koran Kaltim yang berlangsung selama 60 menit dan dipandu oleh Rusdi selaku Host, Selasa (13/07/2021).

Sebagaimana diketahui berbagai manfaat dari penyiaran TV digital, harapan besar tentu saja digantungkan agar nantinya momentum bermigrasi ini dapat dimanfaatkan untuk pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) lokal dalam berkarya.

"Kita berharap TV Nasional harus memiliki konten lokal, dimana para pekerjanya juga dari daerah itu sendiri," ujar Faisal.

Gambaran kemudian diberikan olehnya jika Kaltim mempunyai 17 TV Nasional dengan konten lokal dan house produksi yang diisi oleh pekerja lokal. Gambaran inilah yang menurutnya menjadi peluang besar untuk membuka lapangan pekerjaan.

Menanggapi banyaknya pertanyaan terkait dimana Set Top Box (STB) sebagai perangkat tambahan penunjang didapatkan. Pria yang hobi bermain tenis meja ini, menyebutkan bahwa untuk mendapatkan STB sangatlah mudah.

"Set Top Box diijual di toko elektronik terdekat, untuk harga menyesuaikan di daerah masing- masing,” tutupnya. (bgs/ty)