Teknologi

Digital Untuk Efisiensi

  •   teguh p
  •   1 Juli 2021
  •   5:29pm
  •   Teknologi
  •   415 kali dilihat

SAMARINDA – Kehadiran media digital dimasa pandemi Covid - 19 tidak kita pungkiri, perkembangan teknologi sangat cepat beralih. Mewabahnya virus Covid-19 telah mengubah pola hidup masyarakat.

Digital ini untuk efisiensi, effektif dan untuk menambah wawasan, banyak hal positif didalamnya. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kominfo Kaltim, Muhammad Faisal saat menjadi Narasumber pada Dialog Publika TVRI Kaltim, Rabu (30/6/2021).

Literasi digital secara singkat diartikan sebagai kecakapan memahami dan menggunakan informasi dari berbagai sumber yang luas. Peralihan siaran digital harus diimbangi dengan literasi digital.

"Tidak hanya siaran yang digital, literasi juga harus digital," cetus Faisal.

Dijelaskannya, Kemampuan literasi digital menjadikan seseorang mampu mentransformasi kegiatan melalui penggunaan perangkat teknologi digital.

Dengan memiliki kecakapan literasi digital, masyarakat dapat memproses berbagai informasi, berkomunikasi dan memahami informasi.

Literasi digital juga akan menciptakan tatanan masyarakat dengan pola pikir dan pandangan yang kritis maupun kreatif. Kemudian, tidak akan mudah termakan oleh isu provokatif dan menjadi korban hoaks  atau korban penipuan berbasis digital, tutup Faisal. (teguh/pt)