Teknologi

Arsitektur Jadi Unsur Penting Pelaksanaan SPBE

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   11 Oktober 2021
  •   9:20pm
  •   Teknologi
  •   968 kali dilihat

Samarinda - Arsitektur menjadi salah satu unsur penting dalam pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) untuk menciptakan keterpaduan. Arsitektur akan menggambarkan roadmap rencana induk dalam perspektif bisnis, data, aplikasi, infrastruktur,keamanan informasi dan layanan.

Karenanya, guna mendukung penyusunan arsitektur SPBE di daerah, maka Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Prov Kaltim melakukan tahap awal dengan memahami setiap proses yang ada di tiap Perangkat Daerah (PD). Tahapan tersebut melalui Rapat Koordinasi Arsitektur yang dilaksanakan secara daring, Senin (11/10/2021).

“Rakor ini dilaksanakan dalam rangka
menciptakan keterpaduan dengan membangun tata kelola SPBE dan membuat arsitektur SPBE.Hal tersebut dapat terwujud jika keterkaitan bisnis antar PD berjalan baik. Diharapkan proses implementasi SPBE bisa berjalan lebih sinergis dengan adanya arsitektur,” ucap Sekretaris Dinas Kominfo Prov Kaltim, Edi Hermawanto Noor saat memberikan sambutan mewakili Kepala Diskominfo Prov Kaltim, M. Faisal.

Edi menjabarkan arsitektur SPBE merupakan kerangka dasar yang mendeskripsikan integrasi proses bisnis, data dan informasi, infrastruktur SPBE, aplikasi SPBE dan keamanan SPBE untuk menghasilkan layanan SPBE yang terintegrasi.

“Model referensi arsitektur penting untuk disusun terlebih dahulu agar arsitektur SPBE yang akan dibangun oleh setiap instansi pusat dan pemerintah daerah nantinya memiliki pola atau _framework_ yang sama,” katanya.

Dengan terwujudnya SPBE yang terpadu, lanjutnya, diharapkan akan menciptakan proses bisnis pemerintahan yang terintegrasi antara instansi pusat dan pemerintah daerah.

Sehingga, nanti akan membentuk satu kesatuan pemerintahan yang utuh dan menyeluruh serta menghasilkan birokrasi pemerintahan dan pelayanan publik yang berkinerja tinggi.

Turut hadir Kepala Bidang Aplikasi Teknologi Informatika (Aptika), Normalina. (cht/pt)