Statistik

Pandemi Percepat Transformasi Digital

  •   prabawati
  •   16 Oktober 2021
  •   12:03pm
  •   Statistik
  •   535 kali dilihat

Samarinda - Pola interaksi dan komunikasi telah mengalami perubahan yang sangat signifikan di masa pandemi Covid -19. Kondisi ini berdampak pada percepatan proses transformasi digital.

"Yang sebelumnya baru sebatas konsep dan inisiasi pengenalan secara terbatas menjadi begitu masif penerapannya,"ungkap Kepala BPS Kaltim Anggoro Dwithjahyono dalam sambutannya pada Webinar Hari Statustik Nasional, seara virtual, Sabtu (16/10)

Anggoro menuturkan sebagai hal baru tentunya transformasi digital bagi sebagian orang merupakan hambatan, karena ketidaksiapan dan keterbatasan. Sementara bagi sebagian orang lain menjadi peluang untuk pengembangan dan perluasan interaksi dan komunikasi dengan pihak lain.

Bahkan tidak mustahil masih ada sebagian yang tidak menyadari bahwa apa yang sudah dilakukan selama ini merupakan bagian dari tahap transformasi digital tersebut.

Sehubungan dengan hal tersebut dengan memanfaatkan momen Peringatan Hari Statistik Nasional tahun 2021, BPS Kaltim
menyelenggarakan webinar untuk menyebarkan pemahaman tentang proses transformasi digital yang sedang berlangsung.

Tentunya dengan tujuan memberikan gambaran pemanfaatan Big Data dan data BPS untuk perumusan kebijaksanaan kebijakan dan keputusan terutama bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada masa Pandemi Covid - 19.

Anggoro menyebutkan sesuai dengan kondisi Pandemi Covid -19  acara berlangsung secara virtual  selama satu hari yang disiarkan langsung di kanal Youtube BPS Kaltim.

"Kegiatan hari ini merupakan bagian dari penerapan transformasi digital,"tuturnya.

Acara tersebut juga menghadirkan Keynote Speaker Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik BPS RI Imam Machdi (Prb/ty).