Statistik

Forum Satu Data Wujudkan Basis Data Akurat

  •   prabawati
  •   3 November 2021
  •   2:42pm
  •   Statistik
  •   813 kali dilihat

 

Samarinda - Kepala Bidang Statistik Diskominfo Kaltim, Adrie Dirga Sagita mengatakan peran forum Satu Data Indonesia (SDI) sangat penting dilakukan guna menyelaraskan data di Provinsi.

Forum SDI sudah terbentuk di Kaltim, namun pihaknya masih menunggu Peraturan Gubernur yang masih di proses di Kemendagri.

"Keberadaan forum SDI amanah dari Perpres Nomor 39 tahun 2019 tentang satu data Indonesia,"sebut Dirga saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (3/11).

Sambil menunggu Pergubnya forum ini terang Dirga sudah mulai bekerja. Adapun unsur yang tergabung di dalamnya Badan Pusat Statistik sebagai pembina, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kaltim sebagai ketua Sekretariat dan Diskominfo sebagai walidata.

Dirga sapaan akrabnya menerangkan melalui forum ini diharapkan dapat tersedia data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggung jawabkan dan mudah di akses.

Menurutnya, dalam masa pandemi Covid-19 pentingnya peran data dalam perumusan kebijakan untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Pemanfaatan data Pemerintah tidak hanya sebatas penggunaan internet antara instansi, tetapi juga sebagai pemenuhan data.

"Dengan data yang valid kita dapat merencanakan pembangun dengan baik,"sebut Dirga (Prb/ty)