Statistik

Fokus Wujudkan Pembangunan Berbasis Data Akurat, Diskominfo Kaltim Gelar Verifikasi dan Validasi DSSD SIPD RI

  •   Ceppy
  •   23 April 2024
  •   12:52pm
  •   Statistik
  •   180 kali dilihat

Samarinda - Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur (Diskominfo Kaltim) melalui Bidang Statistik menggelar kegiatan Verifikasi dan validasi Data Statistik Sektoral Daerah (DSSD) pada Modul e-Walidata Sistem Informasi Pembanguunan daerah (SIPD) Republik Indonesia.

Aplikasi e-Walidata adalah aplikasi yang digunakan untuk pengolahan data perencanaan, yang dimulai dari tahapan Perencanaan, Pengumpulan, Pemeriksaan dan Penyebarluasan. Aplikasi ini digunakan guna mewujudkan perencanaan pembangunan yanng berkualitas dengan berbasis data.

 

Kemudian, SIPD dimulai dari proses e-Walidata yaitu data perencanaan pembangunan daerah yang dilanjutkan dengan proses perencanaan pembangunan daerah , serta analisis dan profil pembangunan daerah.

 

Proses e-Walidata berisikan tahapan diantaranya perencanaan, pengumpulan, pemeriksaan dan penyebarluasan data yang melibatkan walidata, produsen data dan pembina data. 

 

"Proses ini diharuskan menjamin data dan informasi yang valid sebagai dasar perencanaan dan pembangunan daerah yng berkualitas," jelas M Adrie Dirga Sagita selaku Kepala Bidang Statistik Diskominfo Kaltim, Selasa (23/04/2024).

Dirinya mengapresiasi kehadiran dan keikutsertaan Perangkat Daerah (PD) dalam tahapan verifikasi dan validasi data ini, serta berharap seluruh PD dan bersikap koperatif dan saling bersinergi bersama Diskominfo Kaltim sebagai Walidata daerah yang bertugas membantu pembina data tingkat daerah, dalam membina produsen data tingkat daerah, untuk mewujudkan ketersediaan data yang akurat , mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan, baik antar instasi di tingkat pusat dan daerah.

Acara ini diselenggaraakan selama 3 (tiga) hari yaituu mulai dari tanggal 23-25 april 2024 di Hotel Ibis samarinda dan diikuti oleh 44 perangkat daerah di Kaltim yang dibagi dalam masing-masing pertemuan setiap harinya. Hadir di jadwal pertama pelaksanaan kegiatan tersebut yaitu Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kaltim, Dinas Perkebunan Kaltim, BAPPEDA Kaltim, BAPENDA Kaltim dan BPBD Kaltim.

Seluruh pihak terus berkomitmen untuk bekerja sama secara sinergis guna memastikan ketersediaan data yang akurat, mutakhir dan terpadu, membangun dasar yang kuat bagi perencanaan dan pembangunan yang berkelanjutan. (cpy/pt)