Sosial

Peringati HLUN, Mensos Kampanyekan Cinta Lansia

  •   Khajjar Rohmah
  •   29 Mei 2023
  •   12:38pm
  •   Sosial
  •   476 kali dilihat

Sumatera Barat – Peringatan Hari lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-27 Tahun 2023 dilaksanakan di Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Tri Rismaharini hadir langsung dalam peringatan HLUN tersebut.

Risma berharap, momentum HLUN dapat menumbuhkan cinta kepada orang tua terutama bagi mereka yang telah memasuki kondisi lanjut usia (Lansia). Rangkaian acara HLUN juga diisi dengan pembacaaaan ikrar Duta Lansia dari pelajar tingkat sekolah dasar dan menengah pertama.



“Banyak sekali beberapa case, orang tua diibuang oleh putra-putrinya. Dengan adanya duta lansia, kita ingin mengajarkan anak dari sejak dini. Bahwa mereka harus memperhatikan orang tuanya, kakek neneknya, maupun lansia di sekitar rumahnya,” kata Risma pada  peringatan HLUN di Kantor Bupati Dharmasraya Sumbar, Senin (29/5/2023).

Mantan Wali Kota Surabaya ini juga mengingatkan, seorang anak tidak boleh menyia-nyiakan orang tuanya. Jika tidak mampu merawat, Kementerian Sosial menyediakan balai perawatan bagi lansia.

“Di suatu daerah kami menemukan, ada seorang nenek tinggal di gorong - gorong karena dibuang oleh anaknya. Mulai saat ini, kita harus kampanyekan cinta lansia mulai dari Dharmasraya ke seluruh Indonesia,” tegas Risma.



Bentuk perhatian Kemensos kepada kelompok lansia juga diwujudkan dengan berbagai program kegiatan. Dalam rangkaian HLUN, Kemensos mennggelar program kegiatan khusus bagi lansia. Di antaranya seperti bakti sosial operasi katarak gratis, pencatatan E-KTP dan akta kelahiran, pengesahan pernikahan dan pembangunan rumah sejahtera terpadu.

“Ini adalah bentuk penghormatan kami kepada lansia di seluruh Indonesia. Sebab tanpa mereka, tak mungkin kita bisa berkarya,” pungkas Risma.

Peringatan HLUN ke 27 juga dirangkai dengan perayaan HUT Taruna Siaga Bencana (Tagana) ke 19 Tahun 2023. Hadir dalam peringatan HLUN, Bupati Dharmasraya, Forkopimda Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), DPRD dan DPR RI. (KRV/pt)