Sosial

Organisasi Wanita di Kaltim Peringati Hari Ibu Dengan Ziarah ke TMP Kesuma Bangsa

  •   prabawati
  •   22 Desember 2023
  •   10:00am
  •   Sosial
  •   309 kali dilihat

 

Samarinda - Peringati Hari Ibu, gabungan organisasi wanita di Kaltim melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma Bangsa Samarinda, Jum’at (22/12)

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Sri Wahyuni memimpin upacara di halaman Kusuma Bangsa yang dihadiri TP PKK, Persit Kartika Candra Kirana Korem Aji Suryanata Kusuma, Bhayangkari, Polres Samarinda. dan sejumlah organisasi perempuan lainnya.

Prosesi Ziarah diawali dengan penghormatan kepada arwah Pahlawan dilanjutkan dengan peletakan rangkaian bunga dimonumen TMP.

 Usai prosesi upacara, diikuti peserta upacara langsung menuju makam  dan melakukan tabur bunga di pusara makam para pahlawan dan  mantan pemimpin daerah yang dimakamkan di TMP Kusuma Bangsa. 

Seluruh rangkaian kegiatan ini bersifat sederhana, khidmat, tertib, merata dan penuh makna serta memberikan kesan yang mendalam dan bermanfaat bagi kaum perempuan.

Sri menyampaikan Hari Ibu tidak terlepas dari pergerakan dan perjuangan kaum perempuan pada masa kemerdekaan.

Ziarah ke makam pahlawan selalu menjadi bagian dari peringatan Hari ibu. Dimana semua organisasi  berkumpul untuk memberikan penghormatan  kepada para pahlawan dan tokoh Kaltim yang telah gugur.

Kegiatan ini, selain mempererat silaturahmi juga membangun semangat untuk terus berjuang.

“Jadilah ibu yang kuat secara fisik mental dan spiritual, karena ibu yang kuat akan melahirkan keluarga yang kuat dan sejahtera,”pintanya.

Kepala Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim Noryani Sorayalita mengatakan ziarah ke makam pahlawan merupakan rangkaian terakhir dari perinagtan Hari Ibu ke 95.

Sebelumnya pihaknya pun telah melakukan berbagai kegiatan seperti seminar, melakukan perekaman KT-EL dan KIA untuk warga binaan khusus anak kunjunga ke lapas perempuan di tenggarong.

Diharapkan perempuan bisa berperan baik sebagai pelaku, pelopor dan inspirator bagi perempuan lainnya. (Prb/ty)

Foto: teguh