Sosial

Dinsos Kaltim Gelar Pemantapan Petugas Layanan Dukungan Psikososial

  •   prabawati
  •   29 Mei 2023
  •   9:27pm
  •   Sosial
  •   532 kali dilihat

Balikpapan - Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Timur menggelar Pemantapan Petugas Layanan Dukungan Psikososial tahun 2023 yang dilaksanakan di Hotel Grand Senyiur, Senin (29/5).

Kegiatan berlangsung selama tiga hari dimulai 29-31 Mei 2023 dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinsos Kaltim HM Yusuf.

Dalam sambutannya Yusuf mengatakan pembagian tugas pokok dan fungsi penanggulangan bencana yang termasuk dalam Rencana Nasional Penanggulangan Bencana dan sesuai amanat Undang-Undang No. 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana pasal 26 point D.

Undang-Undang menyebutkan bahwa setiap orang berhak serta dalam perencanaan, pengoperasian dan pemeliharaan program penyediaan bantuan pelayanan kesehatan termasuk dukungan psikososial.

"Layanan psikososial ditujukan kepada korban bencana yang mengalami trauma dan depresi,"tuturnya.

Menurutnya, tujuan dukungan Psikososial adalah mengembalikan individu atau keluarga atau kelompok pasca kejadian tertentu (bencana alam ataupun bencana sosial), sehingga menjadi kuat secara individu atau kolektif, berfungsi optimal, memiliki ketangguhan dalam menghadapi masalah serta menjadi berdaya dan produktif dalam menjalani hidupnya.

Layanan Dukungan Psikososial dilaksanakan dalam beberapa tahapan yakni wawancara terbuka, wawancara tertutup dengan menggunakan instrument kaji cepat, Activity Daily Living Mapping, Tools berupa body mapping, Cerita dan menggambar pada anak dan Intervensi individu dan kelompok.

Dengan adanya tahapan-tahapan dalam LDP ini memperkaya pengetahuan tagana ketika akan turun ke lapangan atau ranah kebencanaan, baik bencana alam ataupun bencana sosial atau kejadian-kejadian yang membutuhkan penanganan Dukungan Psikososial.

"Secara pribadi saya memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi tingginya atas kerja keras Para Taruna Siaga Bencana (TAGANA) yang selama ini telah banyak membantu dalam kejadian bencana alam,"tuturnya.

TAGANA selalu berada ditengah masyarakat baik dalam penanganan korban bencana alam, sosial maupun mitigasi bencana alam dan keberadaanya sangat dibutuhkan oleh masyarkat baik dalam kondisi terjadi bencana maupun tidak.

Kegiatan diikuti 33 orang dari Tagana Provinsi maupun di Kabupaten dan Kota. Menghadirkan narasumber dari Dinsos Kaltim, Dinkes Kaltim, Psikolog, Pekerja Sosial serta Penyuluh Sosial Dinsos Kaltim. (Prb/ty).