Sosial

Bagikan Bantuan Ramadan, Wagub : Kita Harus Banyak Bersyukur

  •   Rizky Yusuf
  •   31 Maret 2023
  •   2:47pm
  •   Sosial
  •   521 kali dilihat

Samarinda - Pemerintah Provinsi Kaltim bersama Badan Amil Zakat (Baznaz) Kaltim menggelar ceramah agama dengan mengangkat tema "Dalam Rangka Datangnya Bulan Suci Ramadan 1444 H, Mari Kita Tingkatkan Iman dan Taqwa" di Ruang Olah Bebaya Kantor Gubernur Kaltim, Jum’at (31/3/2023).

Kegiatan dihadiri Oleh Wakil Gubernur Kaltim, H. Hadi Mulyadi didampingi Asisten Administrasi Umum Setda Prov. Kaltim, Riza Indra Riadi dan pejabat dilingkungan Pemprov Kaltim serta Forkopimda.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Gubernur, H. Hadi Mulyadi menyampaikan apresiasi untuk kegiatan pada hari ini serta para tamu undangan yang datang dan tetap bersemangat menjalankan ibadah puasa berpuasa.

"Mudah-mudahan jadi amal dan berkah untuk kita semua,"ujar Wagub Kaltim dihadapan peserta yang hadir.

Selain itu Hadi juga berpesan bagi kaum Muslimin dan muslimat di Kaltim untuk pentingnya bersyukur karena masih bertemu dengan bulan Ramadan dan diberikah kesehatan.

"Bersyukur karena kita masih diberi waktu untuk dapat bertemu sapa hingga hari ini. Bersyukur pula karena Ramadhan merupakan nikmat yang besar bagi kaum muslimin dan muslimat dan bersyukur masih bisa berbagi paket ramadan bahagia berupa sembako ini semoga menjadi berkah bagi kita semua,"katanya.

Dirinya juga mengajak agar memanfaatkan Ramadan ini dengan semaksimal mungkin untuk selalu memperbanyak ibadah. Mengingat masih ada orang diluar sana yang tidak bisa menjalankan puasa dan tarawih karena terbaring sakit.

"Karena itu, kita harus banyak - banyak bersyukur,"ajak orang nomor dua di Bumi Etam tersebut.

Sementara itu, dalam Ketua PW Muhammadiyah Kaltim KH Siswanto Sunandar dalam ceramah Agamanya mengatakan, momentum bulan suci Ramadan kita berupaya meraih berkahnya dan senantiasa dikasihi dan diawasi oleh Allah SWT.

"Bahkan, organ tubuh kita juga kelak akan bersaksi atas apa yang kita perbuat di dunia,"jelasnya.

Kemudian ia menambahkan, salah satu nama lain Ramadan adalah bulan kesabaran.Para ulama mengategorikan kesabaran dalam tiga hal Pertama, sabar terhadap nikmat.

"Sebagai contoh, ketika seseorang mendapatkan nikmat berupa jabatan, ia harus bersyukur dan bersabar pula dalam menjalankankan jabatannya,"ucapnya.

Kedua, sambungnya yakni sabar terhadap musibah. Saat seseorang mendapatkan kesulitan hidup, ia akan pasrah tanpa berusaha menghilangkan kesulitan itu melainkan mencari solusinya. Ketiga, sabar terhadap ibadah. Salat, puasa, zakat, adalah implementasi kesabaran kita untuk taat kepada Allah.

"Maka, barang siapa mampu menjadikan dirinya sebagai orang yang sabar, Allah berjanji dan memberikan hadiah. Allah SWT akan menaungi orang yang sabar dengan rahmat, perlindungan, pertolongan, dan ridha-Nya,"pungkasnya.

Acara dirangkai dengan penyerahan sebanyak 3000 Paket Ramadan Bahagia oleh Wakil Gubernur Kaltim H. Hadi Mulyadi kepada 66 penerima bantuan di lingkungan Pemerintah Provinsi Kaltim. Mereka terdiri dari tenaga pembantu seperti petugas kebersihan dan keamanan. (rey/pt)