Seputar Kaltim

Pendataan Perdana Keluarga Bupati Kubar FX Yapan

  •   pipito
  •   3 April 2021
  •   2:24pm
  •   Seputar Kaltim
  •   462 kali dilihat

KUTAI BARAT – Pencanangan Perdana Pendataan Keluarga (PK) Tahun 2021 di Kabupaten Kutai Barat diawali dari Keluarga Bupati Kubar, FX Yapan, baru-baru ini.

Pendataan yang dilakukan diawali dari keluarga Bupati Kubar FX Yapan SH, baru-baru ini. Adapun pendataan yang dilakukan khususnya berkenaan dengan kependudukan, Keluarga Berencana, pemetaan tingkat kesejahteraan keluarga, tingkat pendidikan serta mendeteksi sejak dini tentang Stunting.

Pendataan ini untuk memotret kondisi keluarga Indonesia khususnya keluarga di Kabupaten Kutai Barat, melalui  Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A).

Lebih lanjut selesai pendataan dari keluarga Bupati Kubar, kegiatan pendataan dilanjutkan secara serentak di 16 Kecamatan, 190 Kampung dan 4 kelurahan se Kubar.

“Pendataan ini sangat penting guna untuk mengatasi persoalan-persoalan dalam keluarga, salah satunya yang saat ini menjadi perhatian Pemerintah Daerah yaitu masalah Stunting,” kata Bupati.

“Pendataan ini kita lakukan adalah jalan bagaimana kita untuk mengatasi stunting. Sehingga, nantinya Pemerintah Pusat dan Daerah bisa mengambil keputusan dengan baik yang kemudian jumlah angka stunting ini bisa kita turunkan baik itu secara Nasional ataupun di Kubar,” tegas Bupati.

Dalam kesempatan tersebut Bupati FX Yapan SH menjelaskan, sesuai dengan surat edaran dimana pendataan penduduk yang dimuali sejak 1 April hingga 31 Mei mendatang harus kita sukseskan.

“Di Kubar memang masih banyak penduduk yang belum terdata, jika kita lihat jumalah penduduk mencapai 200 ribu jiwa namun yang terdata kurang lebih 160 ribu dengan demikian pendataan ini tentu sangat penting sekali untuk menyesuaikan nama dan alamat warga, karena masih ada nama yang tidak sesuai dengan alamat,” ungkap Bupati.

Selanjutnya, Bupati mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada DP2KBP3A, Camat Barong Tongkok yang sudah dengan semangat mendukung kegiatan pendataan.

“Maka saya ingin kita memulai, kegiatan ini seperti halanya di PD yang sudah mengetahui tugasnya, jika kita mengalami kesulitan dan kendala dilapangan maka kita bisa melakukan evaluasi,” kata Bupati.

Sekali lagi dengan kegiatan pendataan penduduk, Bupati meminta OPD terkait dan seluruh petugas di lapangan untuk  melibatkan kepala kampung dan RT sehingga bisa menunjukan dan membantu petugas yang ada dilapangan. Bupati juga telah menyampaikan intruksi melalui DPMPK agar seluruh petinggi dan masyarakat Kubar bisa mendukung program pendataan penduduk dengan cara menyiapkan data-data yang diperlukan, dengan demikian kita yakin kegiatan pendataan di kubar bisa berjalan dengan lancar dan sukses. (humaskubar/pt)