Seputar Kaltim

Meriahkan HUT Kubar Ke 23 Pecahkan Rekor Muri Dunia 11.500 Peserta Memakai Seraung

  •   pipito
  •   6 November 2022
  •   4:00pm
  •   Seputar Kaltim
  •   401 kali dilihat

Sendawar – Sesuatu yang menarik pada Peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Kutai Barat ke -23. Dalam HUT tersebut sekaligus menorehkan prestasi dengan memecahkan Rekor Muri Dunia, yakni sebanyak 11.500 memakai Seraung.  Ini diatas target panitia yang semula hanya 3.000 peserta.

Seraung sendiri merupakan topi lebar khas Suku Dayak. Topi ini menjadi pelindung sehari-hari yang digunakan masyarakat Suku Dayak yang ada di Kalimantan. Memiliki ukuran yang lebar dan sekilas mirip dengan topi caping yang ada di Pulau Jawa.

Rekor Muri tersebut dikuti antusiasme masyarakat dari 16 kecamatan se Kubar, bertempat di Taman Budaya Sentawar (TBS), Sabtu (5/11).

Bupati FX Yapan SH menuturkan pemecahan rekor muri Dunia tentunya ini menjadi kebangaan bagi semua bahwa ditengah era modern, tetap mampu mempertahankan salah satu tradisi nenek moyang kita yaitu memakai seraung.

 

”Biarlah Rekor Berseraung terbanyak ini menjadi sebuah moment penanda dan pengingat bahwa sejauh apapun kita melangkah bahkan sesukses apapun capaian yang kita raih harus selalu diingat apa yang menjadi sejarah dan perjuangan dimasa lampu yang terus kita kenang dan bisa kita wariskan menjadi sebuah sajian warisan yang tetap kokoh mencintai adat istiadat  dan budaya sebagai wujud pemersatu kita sekalian dalam kehidupan majemuk  di Bumi Tanaa Purai Ngeriman yang kita cintai bersama,” kata Bupati.

Secara khusus Bupati menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Kubar dan peserta yang sudah memakai Seraung.

“Ini merupakan sebuah wujud kerjasama yang baik, dan saya yakin dalam pembangunan masyarakat Kubar juga bisa bekerjasama dan bergotong royong untuk menuju Kubar yang lebih baik dan maju ke depan,” terang Bupati.

Seraung merupakan milik bangsa Indonesia, budaya kita memakai Seraung perlu kita pertahankan agar terus terjaga. Dimana Seraung sendiri bisa kita gunakan untuk menaungi/melindungi diri kita dari terik matahari langsung ataupun hujan.(prokomkubar/pt)

 

 

Foto;IST