Seputar Kaltim

Babinsa Penajam Terjun Ke Sawah Ikut Tanam Padi

  •   prabawati
  •   18 April 2021
  •   7:14am
  •   Seputar Kaltim
  •   2402 kali dilihat

PENAJAM – Mendukung program pemerintah dalam bidang ketahanan pangan, khususnya swasembada pangan, Babinsa Koramil 0913-01/Penajam melaksanakan pendampingan dalam menanam padi. Kegiatan tersebut dilakukan di wilayah Kelurahan Sungai Parit Kecamatan Penajam Kabupaten PPU, Minggu (18/04/2021).

Serka Bambang Seta, Babinsa Koramil 0913-01/Penajam melakukan pendampingan ketahanan pangan menanam padi milik Jumadi RT.01 dengan luas lahan sekitar 1 Hektar.

Dengan penuh rasa semangat Babinsa juga menumbuhkan semangat tinggi terhadap para petani dalam melakukan panen padi, bukan hanya saat panen padi saja tetapi juga di saat penyemaian bibit padi, pengolahan lahan sawah, perawatan sampai panen padi. Seperti saat ini yang sedang mereka lakukan ialah menanam padi di sawah, sebagai wujud rasa kepedulian terhadap para petani.

Danramil 01/Pnj Kapten Inf Imam mengatakan, pendampingan kepada kelompok tani merupakan kegiatan rutin yang merupakan tugas sebagai aparatur kewilayahan, dengan membantu para petani dalam hal pertanian.

“Kegiatan tanam padi yang dikerjakan oleh Babinsa merupakan wujud kemanunggalan TNI bersamar rakyat”, katanya.

Selain pendampingan menanam padi, ujarnya, Babinsa juga membantu petani dalam menyiapkan dan mengolah lahan pertanian, perawatan tanam, hingga masa panen mendatang.

"Salah satu wujud nyata di lapangan adalah untuk memberi semangat petani dalam mendukung dan menyukseskan program swasembada pangan, khususnya di wilayah Indrapuri," ucapnya.

Pada kesempatan yang berbeda Dandim 0913/PPU Letkol Inf Dharmawan menekankan agar para Babinsa melakukan pekerjaan pendampingan bukan hanya saat pelaksanaan panen saja, tetapi juga saat penyemaian bibit, pengolahan lahan sawah, perawatan sampai dengan pelaksanaan panen.

“Seperti saat ini yang sedang mereka lakukan ialah menanam padi di sawah, sebagai wujud rasa kepedulian terhadap para petani dalam menciptakan ketahanan pangan”, pungkasnya . (dim0913/PPU/Prb/pt)