Pramuka

Wagub Kaltim Harap Jambore Pramuka Dunia di Bumi Borneo 

  •   Khajjar Rohmah
  •   5 Agustus 2023
  •   8:01am
  •   Pramuka
  •   437 kali dilihat

Jeollabuk-do, Korea Selatan - Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Wagub Kaltim) Hadi Mulyadi berharap suatu saat nanti penyelenggaraan Jambore Pramuka Dunia atau World Scout Jamboree dapat dihelat di Bumi Borneo.

Pernyataan itu disampaikan saat kunjungannya ke Bumi Perkemahan 25th World Scout Jamboree 2023 di SaeManGeum, Jeollabuk-do, Republik Korea Selatan (Korsel) pada Jumat (4/8/2023) sore.

Sebagai Wakil Ketua Majelis Pembina Daerah (Mabida) Pramuka Kaltim, Hadi Mulyadi sangat mengapresiasi kegiatan akbar pandu se-dunia ini.

“Karena IKN di Kaltim, tentu saja saya berharap Jambore Dunia nanti bisa di Bumi Borneo atau setidaknya di Cibubur,” kata Hadi Mulyadi dengan serius.

Menurutnya, melihat situasi dan kondisi sekarang, Indonesia mampu menjadi tuan rumah yang baik dan ramah. Kondisi alam Indonesia yang indah dengan suhu tropisnya juga dinilai mampu menjadi daya tarik sebagai lokasi bumi perkemahan skala dunia.

“Tapi memang kita harus banyak belajar. Bagaimana Korea Selatan bisa mendapatkan restu dua kali menjadi tuan rumah dan sebentar lagi juga Jambore Asia Pasifik. Bagaimana mereka bisa menggerakan sektor pariwisata dan kebudayaan sehingga multiplier effect-nya menjadi luar biasa sekali,” lanjut orang nomor dua di Kaltim ini.

Pendapat yang sama juga disampaikan oleh beberapa pengurus kwarda Kaltim yang hadir pada kesempatan tersebut. Bahkan Plt Ketua Kwarda Kaltim, Farchruddin Japrie menambahkan, pihaknya tengah menyusun konsep besar terkait masa depan Kepramukaan Kalimantan Timur.

Saat ini, tengah dipersiapkan rencana pembangunan Bumi Perkemahan bertaraf internasional di wilayah IKN.

“Kita sedang menggodok masterplan Buper Internasional ini, sudah pula bersurat ke Kwarnas untuk mendapatkan dukungan penuh,” ungkapnya lugas didampingi pengurus Kwarda Kaltim lainnya.  

Tampak hadir mendampingi Wakil Gubernur Kaltim, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, HM Syirajudin, Kadiskominfo Kaltim, Muhammad Faisal dan Kabiro Umum Setdaprov, Lisa Hasliana. (Mf/pt)