Pramuka

Telah Mendarat di Negeri Gingseng, Tim Kwarda Kaltim Siap Ikuti Jambore Pramuka Dunia

  •   Khajjar Rohmah
  •   31 Juli 2023
  •   11:26am
  •   Pramuka
  •   476 kali dilihat

Seoul, Korea Selatan - Kontingen Kwartir Daerah (Kwarda) Kalimantan Timur (Kaltim) telah tiba di Negeri Gingseng, siap mengikuti World Scout Jamboree atau Jambore Pramuka Dunia ke-25 tahun 2023. Event internasional Pramuka tersebut dihelat di Korea Selatan (Korsel) dan diikuti oleh pandu-pandu dari 83 negara.

World Scout Jambore akan berlangsung di Jeollabok-do SaeManGuem, Korsel selama 12 hari. Mulai 1 hingga 12 Agustus 2023.

Kontingen World Scout Jamboree ke-25 dari Indonesia telah berangkat secara bertahap menuju Korea Selatan sejak 29 Juli 2023. Kontingen Indonesia terdiri dari 1.456 Pramuka Penggalang dan Pramuka Penegak, yang berasal dari 18 kwartir daerah dan kwartir nasional.


Adapun dari Kwartir Daerah Kalimantan Timur, terdiri dari 25 orang Pramuka Penggalang, tiga orang Pembina Pendamping, dan Pramuka Penegak dari 4 Kwartir Cabang (Kwarcab). Yakni Kwarcab Samarinda, Bontang, Kutai Timur dan Kutai Kartanegara.


Sebagian kontingen Kwarda Kaltim telah mendarat di Bandara Internasional Korea Selatan di Seoul, Incheon Airport pada Minggu, 30 Juli 2023 dan siap memulai kegiatan Jambore Pramuka Dunia pada 1 Agustus 2023, esok.

"Ya, sebagian kontingen Kwarda Kaltim telah tiba di Korsel," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kwarda Kaltim, Fachruddin Djaprie, saat mengonfirmasi kedatangan para peserta Jambore Pramuka Dunia, Minggu (30/7/2023).

Ia berharap seluruh kontingen Indonesia, baik dari Kwartir Nasional maupun Kwarda Kaltim, dapat mengikuti kegiatan Jambore Pramuka Dunia dengan lancar dan dalam keadaan sehat hingga waktu kepulangan ke tanah air. (Krv/pt)