Pramuka

Raimuna Daerah 2023 di Kota Tepian akan Digelar Sepekan Lagi!

  •   Khajjar Rohmah
  •   14 November 2023
  •   1:50pm
  •   Pramuka
  •   1051 kali dilihat

Samarinda - Raimuna Daerah Tahun 2023 akan berlangsung sepekan lagi. Perkemahan besar Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega ini akan dihelat di Kota Tepian pada 19 hingga 25 November 2023.

Kepala Bidang Kegiatan Raida Kaltim 2023, Wahyu Putra menjelaskan Raimuna diselenggarakan mulai dari tingkat Kwartir Ranting hingga tingkat nasional. Kegiatan ini, merupakan event akbar kepramukaan yang digelar rutin tiap lima tahun sekali.

Sementara, Raimuna Daerah atau biasa disingkat Raida, merupakan Raimuna yang diselenggarakan di tingkat Kwartir Daerah (Provinsi). Pada tahun ini, Raimuna Tingkat Daerah kembali diselenggarakan di Bumi Perkemahan Bebaya, Kota Samarinda.

Kegiatan ini akan diikuti oleh Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, usia 16-25 tahun dari seluruh Kwartir Cabang (Kwarcab) kabupaten/kota di Kalimantan Timur. 

"Setiap Kwarcab mendapatkan kuota sebanyak 38 orang peserta dan unsur kontingen. Khusus untuk Kwarcab tuan rumah pelaksanaan, Kota Samarinda mendapatkan kuota sebanyak 353 orang peserta dan unsur kontingen yang akan dibagi pada setiap Kwartir Ranting yang ada di Kwartir Cabang Kota Samarinda," jelas Wahyu, Minggu (12/11/2023).

Anggota Dewan Kerja Daerah (DKD) Pramuka Kaltim ini juga menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan dalam Raida Kaltim Tahun 2023 terdiri dari bidang-bidang pengembangan diri Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega. Yaitu bidang mental, fisik, intelektual, spiritual, sosial dan budaya baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.

"Raida 2023 diarahkan pada tujuan Gerakan Pramuka melalui pembinaan mental dan spiritual, wawasan kebangsaan, kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi, persaudaraan dan persahabatan, peningkatan keterampilan dan kewirausahaan serta implementasi scout for SDG's dengan sifat kegiatan yang aktif, edukatif, produktif, inovatif, kreatif, rekreatif, exploratif, dan progresif," terangnya.

Jenis-jenis kegiatan dalam Raida 2023 memberikan porsi yang cukup besar pada kegiatan-kegiatan yang dapat menunjukkan potensi yang dimiliki. Salah satu kegiatan yang di agendakan oleh Kwarcab Kota Samarinda sebagai tuan rumah Raida Kaltim Tahun 2023 dalam giat wisata yaitu kunjungan ke kampung wisata ketupat yang ada di Kota Samarinda.

Dalam kunjungan ini, peserta Raida Kaltim 2023 mendapatkan kesempatan untuk melihat proses pembuatan ketupat dari awal hingga akhir serta di penghujung kunjungan akan diadakan makan bersama dengan masyarakat kampung ketupat. 

"Diharapkan setelah mengikuti Raimuna Daerah Kalimantan Timur Tahun 2023, para peserta mendapatkan pengalaman berkesan, wawasan, pengetahuan, dan pengalaman serta meningkatkan rasa percaya diri untuk turut serta membangun masyarakat," pungkas Wahyu. (KRV/RZ/pt)