Pramuka

Pembukaan Raimuna Daerah 2023, Diikuti 583 Peserta

  •   Khajjar Rohmah
  •   20 November 2023
  •   1:43pm
  •   Pramuka
  •   492 kali dilihat

Samarinda - Upacara Pembukaan Raimuna Tingkat Daerah (Raida) Tahun 2023 dilaksanakan di Bumi Perkemahan Pramuka Bebaya, Kelurahan Simpang Pasir Kecamatan Palaran Samarinda, Senin (20/11/2023) pagi.

Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim, Akmal Malik memimpin langsung pelaksanaan Upacara Pembukaan Raida 2023 sebagai Pembina Upacara.

Dalam amanatnya, Akmal menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas gelaran kegiatan Raida 2023. Ia pun mengapresiasi Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kaltim yang aktif menyelenggarakan berbagai kegiatan kepramukaan.

“Atas nama Pemerintah Provinsi sekaligus sebagai Majelis Pembina Daerah (Mabida), kami mengucapkan selamat atas pelaksanaan Raimuna Daerah Tahun 2023. Semoga lancar dan mencapai hasil yang baik sampai akhir pelaksanaan,” ucap Kak Akmal, sapaan akrabnya di Pramuka.


Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kemendagri ini juga menuturkan, kegiatan pramuka seperti ini dapat meningkatkan solidaritas antar anggota. Serta dapat mewariskan kepribadian yang berkarakter dengan jiwa kepemimpinan, empati, kepedulian, dan semangat gotong royong yang tinggi.

“Dari karakter itu kita harapkan dapat lahir tunas muda bangsa yang berkualitas menyongsong Indonesia emas,” tambahnya.



Di tempat yang sama, Ketua Kwarda Kaltim Fachruddin Djaprie menjelaskan, Raimuna Daerah 2023 diikuti sebanyak 583 peserta. Terdiri dari peserta perwakilan Kwartir Cabang (Kwarcab) kabupaten/kota, para pembina dan pengurus kontingen.

Raimuna Daerah dilaksanakan dalam bentuk perkemahan yang diisi dengan berbagai kegiatan. Mulai dari kegiatan berkelompok, aktivitas menantang di alam terbuka, dan berbagai kompetisi lainnya.

“Nantinya di akhir acara, akan diberikan penghargaan berupa tanda kecakapan kepada peserta,” ucap Fachruddin.

Tagline Raida 2023 mengangkat slogan, “Bersama Etam Kuat dan Hebat!” yang disingkat Berakat. Kegiatan ini akan berlangsung selama sepekan, sejak 19 hingga 25 November 2023.

Hadir dalam giat tersebut, unsur Forkopimda Provinsi Kaltim, Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi Wongso, Wakil Ketua Bidang Kehumasan dan Informatika Kwarda Kaltim, Muhammad Faisal, serta para pengurus Kwarda Kaltim, Kwarcab Kabupaten/Kota, DKD, DKC, Pimpinan Saka, Para Pembina, dan Pramuka Penegak-Pandega sebagai peserta. (KRV/pt)