Pramuka

Lahirkan Pribadi Tangguh dan Pelopor Pembangunan Kaltim, Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang IV Resmi Dibuka

  •   rizki rey
  •   11 Mei 2023
  •   7:39pm
  •   Pramuka
  •   274 kali dilihat

Balikpapan - Salam Pramuka!!! Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Empat (LT-IV) Kwartir Daerah Kalimantan Timur yang dilaksanakan 11 - 15 Maret 2023 berlangsung di Bumi Perkemahan Waduk Manggar KM 12 Karang Joang, Balikpapan secara resmi dibuka.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubernur Kalimantan Timur, yang di wakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang III (Sumber Daya Alam, Perekonomian Daerah dan Kesejahteraan Rakyat) Christianus Benny.

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 180 peserta bersama pembina damping (bindam) perwakilan dari 9 Kwartir Cabang (Kwarcab) kabupaten/kota. 

Bertindak selaku inspektur upacara
Christianus Benny dalam kesempatan itu sangat mengapresiasi Kwartir Daerah (Kwarda) Kalimantan Timur yang telah mampu mewujudkan salah satu program kerjanya untuk melaksanakan event setingkat Provinsi ini.

"Saya juga sangat gembira dan mengapresiasi kegiatan ini, karena saya berkeyakinan akan sangat bermanfaat bagi para pesertanya,"ucap Benny saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalimantan Timur, Kamis (11/5/2023).

Oleh karena itu, dirinya berpesan kepada adik-adik Pramuka Penggalang hendaknya memperhatikan hal-hal sebagai berikut, diantaranya lomba dapat memupuk jiwa perjuangan yang tinggi.

Ia berpendapat bahwa tidak mungkin mengikuti suatu lomba tanpa sebelumnya melakukan latihan-latihan berat dalam waktu yang lama.

Kemudian, lomba juga pasti menarik karena dilakukan di ruang terbuka sehingga seharusnya membawa manfaat bagi kesehatan yang lebih baik. Lomba tidak hanya mendapatkan gelar juara, namun bisa mendapatkan kawan sebaya.

"Apalagi ini lombanya diikuti oleh seluruh wilayah Kalimantan Timur sehingga tercipta masyarakat yang berakhlak dan mencintai persatuan di tengah perbedaan,"ucap Mantan Kadis ESDM Kaltim tersebut.

Dikatakannya lebih lanjut, ia meyakini bahwa gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan, mampu melahirkan pribadi-pribadi tangguh bagi peserta didiknya untuk kemudian menjadi pelopor pembangunan di Kalimantan Timur.

"Hanya gerakan Pramukalah yang memiliki prinsip hidup membumi karena memiliki pedoman akhlak yaitu Dasa Darma Pramuka yang dapat membawa kehidupan bermasyarakat yang lebih baik lagi di masa depan,"tegas Benny.

Tak lupa ia juga mengucapkan terima kasih kepada tuan Rumah Kota Balikpapan khususnya Walikota Balikpapan Rahmad Mas'ud
yang telah bersedia memfasilitasi baik moril dan material sehingga Kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar.

"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Empat (LT-IV) Kalimantan Timur tahun 2023 di Balikpapan saya nyatakan resmi dibuka,"tutupnya.(rey/pt)