Pramuka

Kwarda Pramuka Kaltim Gelar Pelatihan KMD Saka Bakti Husada

  •   Khajjar Rohmah
  •   13 Juni 2023
  •   10:50am
  •   Pramuka
  •   537 kali dilihat

Samarinda – Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Timur (Kwarda Kaltim) melalui Saka Bakti Husada menggelar Pelatihan Kursus Mahir Dasar (KMD) bagi para anggotanya.

Pelatihan ini dilaksanakan selama sepekan penuh. Yakni sejak 12 Juni hingga 18 Juni 2023. Para peserta berasal dari unsur Pimpinan Cabang Saka Bakti Husada kabupaten/kota, petugas puskesmas, dan perwakilan dari Badan POM, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Samarinda, Poltekkes Kemenkes Kaltim, DKD Kwarda Kaltim, serta Gugus Depan Tunas Kelapa.

Saka Bakti Husada sendiri merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang dibentuk dengan tujuan sebagai wadah pendidikan dan pembinaan bagi pramuka Penegak dan Pandega guna penyaluran minat, pengembangan bakat, kemampuan dan pengalaman dalam bidang kesehatan.

Ketua Majelis Pembimbing Daerah Saka Bakti Husada Kaltim, dr Jaya Mualimin mengungkapkan, perlu upaya untuk meningkatkan inovasi dan pemberdayaan kepramukaan yang sistematis, terencana dan berkelanjutan.

“Saya berharap dengan pelatihan Kursus Mahir Dasar ini merupakan upaya memantapkan organisasi, sistem manajemen dan sumber daya. Yang mampu membangkitkan kembali gairah kegiatan kepramukaan khususnya Satuan Karya Bakti Husada,” ungkap Jaya saat membuka kegiatan Pelatihan Kursus Mahir Dasar Saka Bakti Husada, Senin (12/6/2023) di Hotel Ibis Samarinda.



Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim ini juga berharap, output KMD Saka Bakti Husada dapat meningkatkan kinerja pengelola promosi kesehatan  dan pemberdayaan masyarakat di kabupaten/kota dalam pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan UKBM Posyandu.  Khususnya dalam upaya pembinaan satuan karya Pramuka Bakti Husada.



Kemudian, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang tujuan Gerakan Pramuka terutama kaitannya dengan tujuan pembangunan kesehatan melalui pembinaan dan kegiatan Saka Bakti Husada. Serta mampu melaksanakan pembinaan kepada peserta didik anggota Saka Bakti Husada. (KRV/pt)