Pramuka

Kwarda Pramuka Kaltim akan Gelar LT IV di Balikpapan

  •   Khajjar Rohmah
  •   2 April 2023
  •   4:41pm
  •   Pramuka
  •   1984 kali dilihat

Balikpapan - Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kalimantan Timur (Kaltim) akan melaksanakan Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang (LT-IV) yang diikuti sembilan Kwartir Cabang Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur.

Kegiatan LT-IV tersebut merupakan perlombaan Pramuka Penggalang tingkat Kwartir Daerah yang dikemas dalam bentuk perkemahan, guna mengasah serta meningkatkan kemampuan Pramuka Penggalang.

Lomba Tingkat Pramuka Penggalang merupakan kompetisi perlombaan baik beregu maupun perorangan atas nama regu.

Lomba Tingkat dibedakan berdasarkan tingkat penyelenggaraan dan pesertanya. Lomba Tingkat yang diselenggarakan di tingkat Gugus Depan, biasanya berupa sekolah SMP atau MTs dengan peserta dari masing-masing regu anggota Gugus Depan tersebut disebut LT I.

Kemudian, Lomba Tingkat yang diselenggarakan di tingkat Kwartir Ranting kecamatan disebut LT II. Selanjutnya, LT III merupakan Lomba Tingkat yang diselenggarakan di tingkat Kwartir Cabang kabupaten/kota dengan peserta dari perwakilan masing-masing Kwartir Ranting. Dan LT IV adalah Lomba Tingkat yang diselenggarakan di tingkat Kwartir Daerah (Provinsi) dengan peserta dari perwakilan masing-masing Kwartir Cabang.

Terakhir, LT V menjadi Lomba Tingkat yang diselenggarakan di tingkat Kwartir Nasional dengan peserta dari perwakilan masing-masing Kwartir Daerah yang ada di Indonesia.

Penyelenggaraan LT IV Kwarda Kaltim sendiri direncanakan dihelat pada 11-15 Mei 2023 mendatang di Bumi Perkemahan Waduk Manggar KM 12, Balikpapan.

Wakil Ketua Bidang Kehumasan dan Informatika Kwarda Kaltim, Muhammad Faisal mengatakan, pemenang LT IV nantinya akan dikirim untuk mengikuti LT V tingkat nasional di Jakarta pada Juli 2023.

"Kami memastikan akan mengikuti LT V di Jakarta hasil dari LT IV. Kewajiban Kaltim mengirimkan regu terbaik mewakili Provinsi," ucapnya.

Dirinya menyebutkan, Tim Kwarda Kaltim kini tengah melakukan koordinasi persiapan dan survei venue kegiatan.

Adapun Lomba Tingkat ini bersifat berjenjang. Artinya, pemenang pada suatu tingkatan akan mewakili Lomba Tingkat di setiap tingkat berikutnya. (KRV/pt)