Pramuka

Kwarcab Balikpapan akan Wakili Kaltim ke LT V Kwartir Nasional di Jakarta

  •   Khajjar Rohmah
  •   16 Mei 2023
  •   4:42pm
  •   Pramuka
  •   567 kali dilihat

Balikpapan - Dua regu penggalang Kwartir Cabang (Kwarcab) asal Balikpapan akan mewakili Provinsi Kalimantan Timur pada Lomba Tingkat (LT) V Kwartir Nasional (Kwarnas) di Jakarta, Juni 2023 mendatang. Dua regu terpilih ini, merupakan pemenang dari  Lomba Tingkat IV Regu Pramuka Penggalang yang telah usai dilaksanakan di Bumi Perkemahan Waduk Manggar KM 12, pada 11 – 15 Mei 2023.

Pada kompetisi tersebut, 2 regu penggalang  beranggotakan 16 peserta putra dan putri asal Kwartir Cabang Balikpapan menjadi regu berprestasi tinggi. Regu putra asal kota Minyak meraih skor 7.359,28. Sedangkan regu putrinya meraih nilai 7.308,84.

Sementara itu, regu berprestasi baik putra diraih oleh Kwarcab Kutai Kartanegara dengan skor 7.247,56. Juga regu berprestasi baik putri disabet oleh kwarcab Bontang dengan skor 7.053,17.

Serta regu berprestasi cukup putra berhasil diraih oleh Kwarcab Bontang dengan skor 7.161,68. Sedangkan regu putri yang mendapatkan prestasi cukup, diraih oleh Kwarcab Kutai Timur dengan nilai 6.972,80.

Sekretaris Kwarda Kalimantan Timur, Fachruddin Djapri mengatakan, perlombaan selama lima hari dari tanggal 11 hingga 15 Mei 2023 ini berjalan lancar.

"Saya instruksikan pada dewan juri agar tidak berpihak pada salah satu cabang. Karena pemenang ini akan mewakili Kalimantan Timur. Sehingga harapan dan pesan dari ketua kwarda, untuk menilai secara objektif dan benar," jelasnya.



Ia membeberkan, regu berprestasi tinggi dari kwarcab Balikpapan tersebut akan mewakili Kalimantan Timur pada ajang Lomba Tingkat V Kwartir Nasional di Jakarta pada Juni 2023 mendatang.

Sedangkan, regu berprestasi baik dan cukup turut mewakili Kalimantan Timur dalam Kemah Bela Negara di Kalimantan Selatan.

"Setelah ini akan diberangkat ke jakarta bulan Juni nanti, untuk lomba tingkat V secara nasional. Jadi mereka akan istirahat dulu. Sekitar empat hari nanti mereka akan TC (training center) untuk mempersiapkan menghadapi lomba di kwarnas," jelasnya.

Fachruddin juga mengatakan, dua regu berprestasi tinggi tersebut akan berangkat ke Jakarta pada 15 Juni 2023 mendatang.

"Mungkin perlombaannya kurang lebih sama. Hanya saja, dengan Buper yang lebih luas, juga menghadapi lawan tingkat nasional," tambahnya.



Untuk itu, pihaknya juga akan melakukan berbagai persiapan dalam menghadapi perlombaan tingkat nasional tersebut. Demi kembali menyabet gelar juara.

"Harapannya, semoga bisa mendapatkan juara lagi. Karena 10 tahun lalu, Kaltim sempat juara diajang yang sama, mudah-mudahan kembali juara. Baik dari lomba terukur maupun tidak terukur," pungkasnya. (*/pt)

Sumber: Liputan Media Mitra Diskominfo Kaltim, Tribun