Pramuka

Kontingen Kaltim Targetkan Raih Juara LT V Kwartir Nasional

  •   Khajjar Rohmah
  •   23 Juni 2023
  •   9:50am
  •   Pramuka
  •   475 kali dilihat

Jakarta - Dua regu Penggalang Kwarcab Balikpapan telah dipilih untuk mewakili Provinsi Kalimantan Timur pada Lomba Tingkat (LT) V Kwartir Nasional (Kwarnas) di Jakarta, yang berlangsung pada tanggal 18 hingga 22 Juni 2023.

Kedua regu tersebut meraih kemenangan pada Lomba Tingkat IV Regu Pramuka Penggalang yang digelar di Bumi Perkemahan Waduk Manggar KM 12, pada tanggal 11 hingga 15 Mei 2023.

Ratnawati selaku Pimpinan Kontingen Daerah (Pimkonda) Kaltim dalam LT V Kwarnas, menjelaskan bahwa seluruh kontingen Kaltim sangat antusias dan aktif dalam mengikuti semua mata lomba.

"Secara keseluruhan, terdapat 33 mata lomba yang mencakup berbagai jenis perlombaan, termasuk aspek teknis kepramukaan, pengetahuan umum, teknologi, bela negara, dan masih banyak lagi," jelas Ratna, Rabu (21/6/2023). 

Beberapa lomba terkait kepramukaan meliputi penjelajahan, peta perjalanan, panorama, penafsir, Pionering, P3K, dan halang rintang. Sedangkan lomba terkait teknologi meliputi e-sport, coding dan robotik.

"Selain itu, terdapat juga lomba-lomba seperti panjat tebing, renang, memanah, melukis, pidato, dan banyak lagi," tambah Ratna, yang juga menjabat sebagai Andalan Daerah Urusan Bina Muda Kwarda Kaltim.

Informasi sementara menyebutkan bahwa regu putra dan putri kontingen Kaltim pada LT V Nasional berhasil meraih kemenangan dalam beberapa mata lomba. Regu Kamboja Putri meraih gelar Berprestasi Tinggi dalam lomba P3K, Peta kompas, dan Obat tradisional. Selanjutnya, regu tersebut juga menjadi juara Berprestasi Baik dalam lomba E-sport, Panorama, dan Baris Berbaris Tongkat.

Sementara itu, Regu Singa Putra mencatatkan Prestasi Tinggi dalam lomba P3K dan Peta kompas, serta meraih Prestasi Baik dalam lomba Obat Tradisional. (KRV/pt)