Pramuka

Jalin Kerjasama Dengan Semua Pihak Merupakan Tujuan Gerakan Pramuka

  •   Teguh Prasetyo
  •   11 September 2022
  •   1:30pm
  •   Pramuka
  •   656 kali dilihat

Jakarta - Hj. Norbaiti Isran Noor dilantik sebagai Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Provinsi Kalimantan Timur melalui virtual oleh Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Isran Noor, Minggu (11/9/2022). 

Usai dilantik oleh Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso, Ketua Mabida Kaltim Isran Noor di Odah Etam, Isran Noor melanjutkan pelantikan Kwarda Kaltim. 

Ada beberapa rangkaian yang dilakukan pada pelantikan ini pertama pembacaan ikrar, penandatangan, penyematan pin dan meletakkan bendera merah putih didada kiri. 

Ini melambangkan selama denyut jantung masih berdetak untuk terus menanamkan jiwa kebangsaan cinta tanah air, patriotisme, persatuan dan kesatuan bangsa.

"Saya ucapkan selamat mengemban amanah dan siap melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik untuk kemajuan dan kejayaan Pramuka Kaltim sekarang dan di masa depan," ungkap Norbaiti. 

Kwarda harus dapat mengelola Gerakan Pramuka di Tingkat Daerah, melaksanakan pembinaan organsasi kepada Kwarcab dan organisasi pendukung, meningkatkan hubungan dan kosultasi dengan Mabida, tambahnya. 

"Terus jalin hubungan dan kerjasama dengan instansi Pemerintah, Swasta dan organisasi di tingkat provinsi yang sesuai dengan tujuan Gerakan Pramuka," ujarnya seraya berpesan. 

Gerakan Pramuka sendiri memiliki makna proses pembinaan dengan upaya membentuk manusia yang berkepribadian, berbudi pekerti luhur, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, peduli pada tanah air, bangsa, masyarakat, alam lingkungan serta peduli pada dirinya sendiri dengan berpedoman pada satya dan darma pramuka.(tp/pt)