Pramuka

Isran Minta Pengurus Mabida Maupun Kwarda Bekerja Ekstra Bangkitkan Gerakan Pramuka

  •   prabawati
  •   11 September 2022
  •   11:44am
  •   Pramuka
  •   400 kali dilihat

Samarinda - Gubernur Kaltim H Isran Noor meminta Pengurus Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) maupun Pengurus Kwarda Gerakan Pramuka bertanggung jawab dan harus bisa bekerja ekstra keras untuk membangkitkan kembali aktifitas Gerakan Pramuka Kaltim.

Hingga kini Gerakan Pramuka tetap eksis dan keanggotaannya berasal dari berbagai kalangan, utamanya para Pelajar, Remaja dan Pemuda serta masyarakat luas.

"Namun sayangnya, lebih dari dua tahun ini, yakni semasa Pandemi Covid-19, aktifitas Gerakan Pramuka menurun,"tuturnya dalam sambutannya pada Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Majelis Pembimbing Daerah dan Pengurus Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kaltim masa bakti 2021-2026, di Pendopo Odah Etam, Minggu (11/9).

Untuk itu, Kwarda harus dapat mengelola Gerakan Pramuka di tingkat Daerah, melaksanakan pembinaan organsasi kepada Kwarcab dan organisasi pendukung, meningkatkan hubungan dan kosultasi dengan Mabida.

Kemudian melakukan hubungan dan kerjasama dengan instansi Pemerintah, Swasta dan organisasi di tingkat provinsi yang sesuai dengan tujuan Gerakan Pramuka.

Selain itu, tidak kalah pentingnya adalah menyampaikan laporan kepada Kwarnas berkaitan dengan perkembangan Gerakan Pramuka di Daerah.

Semoga dengan upaya-upaya tersebut, Gerakan Pramuka di Kaltm semakin maju, tetap diminati, dicintai dan menjadi pilihan utama para Generasi Muda dan masyarakat pada umumnya.

Gerakan Pramuka adalah gerakan kepanduan di Tanah Air yang resmi dan keberadaannya diakui Pemerintah.

Tujuannya adalah sebagai wadah pembinaan dan pelatihan bagi Generasi Muda dalam rangka meningkatkan dan memaksimalkan semua potensi Tunas Bangsa, baik intelektual, spiritual, sosial maupun fisiknya. (Prb/ty).