Pramuka

Hadi Mulyadi Kunjungi Bumi Perkemahan Pramuka Dunia di Korsel

  •   Khajjar Rohmah
  •   4 Agustus 2023
  •   5:07pm
  •   Pramuka
  •   605 kali dilihat

Korea Selatan - Jambore Pramuka Dunia ke-25 sedang berlangsung di SaeManGeum, Jeollabuk-do, Republik Korea Selatan (Korsel). Kegiatan ini berlangsung selama 12 hari, sejak 1 hingga 12 Agustus 2023.

World Scout Jamboree di negeri ginseng, merupakan kali kedua, setelah sebelumnya Jambore Pramuka Dunia ke-17 pada tahun 1991. Pelaksanaan World Scout Jamboree tahun 2023 ini bersamaan dengan 100 tahun Pramuka Korea Selatan.

Pada acara tersebut, tema yang diusung adalah "Draw your Dream" atau "Gambarlah Impianmu", mencerminkan bagaimana ide-ide anak muda dapat mewujudkan impian Jambore mereka dalam lingkungan yang aman, inklusif, dan berkelanjutan.

Pramuka Indonesia juga berpartisipasi dengan mengirimkan 1.310 orang peserta dan delegasi official. Sehingga total keseluruhan kontingen Indonesia sebanyak 1.585 orang. Sementara Kwarda Kaltim mengirimkan 28 orang dengan rincian dari Kwarcab Kutim 19 orang, Bontang 4 orang, Kutai Kertanegara 2 orang, dan Samarinda 3 orang.

Sebagai Wakil Majelis Pembina Daerah ( Mabida) Pramuka Kaltim, Hadi Mulyadi berkesempatan hari ini bertatap langsung dengan peserta perwakilan Kaltim di Bumi Perkemahan di SaeManGeum, Jeollabuk-do, Korea Selatan. 

"Perbanyak minum air putih ya adik-adik, karena cuaca lagi panas sekali," kepada dua peserta putri, Naena dari Bontang, dan Dea Amelia dari Kutai Kertanegara, Jumat (4/8/2023).

Hadi Mulyadi beserta rombongan visitor Kaltim juga mengunjungi booth Indonesia, di mana para pandu pramuka dari berbagai negara antusias mengikuti pelajaran cara melukis topeng. Kemudian, mereka mengunjungi stand Indonesia Food yang juga ramai dikunjungi peserta baik dari Indonesia maupun mancanegara.

"Terima kasih kunjungannya Bapak Wagub, kami bangga dan terharu," ucap Dea, kontingen Pramuka Kaltim dari Kutai Katanegara. (mf/pt)