Pramuka

Fachruddin Djaprie Resmi Pimpin Kwarda Kaltim, Komitmen Tuntaskan Program Kegiatan

  •   Khajjar Rohmah
  •   29 Agustus 2023
  •   10:52am
  •   Pramuka
  •   651 kali dilihat

Balikpapan - Fachruddin Djaprie resmi memimpin Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Kalimantan Timur (Kwarda Kaltim). Keputusan itu ditetapkan dalam Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) Kwarda Kaltim yang dilaksanakan Senin (28/08/2023).

Penetapan nahkoda baru Kwarda Kaltim ini dilakukan, demi mengisi kekosongan jabatan pasca wafatnya Ketua Kwarda Kaltim sebelumnya, Hj. Norbaiti Isran pada 24 Mei 2023.

Seusai dirinya ditetapkan sebagai Ketua Kwarda Kaltim periode 2023-2026, Fachruddin berkomitmen untuk melanjutkan program kegiatan pramuka yang telah dicanangkan dalam satu preiode kepengurusan.

"Tentu ini hanya mengisi jabatan antar waktu. Saya akan melanjutkan visi dan misi Ibu Norbaiti yang dipilih dalam Musda Reguler untuk 5 tahun kepengurusan 2021-2026," ujar Fachruddin kepada tim liputan Diskkominfo Kaltim di Hotel Novotel Balikpapan, Senin (28/8).



Fokusnya, dalam 100 hari kerja ke depan, mantan Kepala Dispora Kaltim ini akan menuntaskan program kegiatan yang sudah terjadwal sepanjang akhir tahun 2023.

"November nanti, kita ada Munas. Itu merupakan program yang wajib kita ikuti karena terkait dengan kebijakan kwartir gerakan pramuka secara nasional," tandasnya.

Sebagai Ketua Kwarda Kaltim, Facruddin juga mendengar aspirasi dari para pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab). Salah satunya adalah usulan pelaksanaan Raimuna Daerah (Raida) yang diusulkan oleh Kwarcab Samarinda.

"Saya rasa itu ide bagus, kita adakan Raida yang diikuti Kwarcab se-Kaltim. Kita pasti support," pungkasnya.



Pria yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Kwarda Kaltim ini, juga berkomitmen mengoptimalkan peran Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan Tingkat Daerah (Pusdiklatda) demi meningkatkan kualitas SDM Pramuka yang berkarakter dan berdaya saing. (Rzk/KRV/pt).