Pramuka

Buka Rakerda Kwarda Kaltim 2023, Diddy : Jadikan Perkembangan Teknologi Bagian Dari Gerakan Pramuka

  •   Rizky Yusuf
  •   15 Desember 2023
  •   9:27pm
  •   Pramuka
  •   356 kali dilihat

Samarinda - Mewakili Pj. Gubernur Kalimantan Timur, Staf Ahli Bidang Reformasi, Birokrasi dan Keuangan Daerah Pemprov Kaltim, Diddy Rusdiansyah secara resmi membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Kwatir Daerah (KWARDA) Gerakan Pramuka Provinsi Kaltim di Aula Satya Dharma Gedung Pramuka, Jalan M.Yamin, Jum'at (15/12/2023).

Kegiatan dihadiri oleh seluruh para pengurus Kwarda Kaltim, Kwarcab Kabupaten/Kota, DKD, DKC, Pimpinan Saka, Para Pembina dan Pramuka Penegak - Pandega Dilaksanakan sampai 15 -17 Desember 2023.

Dalam sambutan tertulis Pj. Gubernur Kaltim, Diddy menyampaikan apresiasi dan menyambut baik kegiatan Rakerda Kwarda Kaltim tahun 2023. Dan tak lupa ia juga mengajak para peserta Rakerda untuk mendoakan Almarhum Hj. Norbaiti yang telah memberikan kontribusi serta berjasa dalam perkembangan gerakan pramuka di Kalimantan Timur.

"Karena kita mengetahui, banyak jasa jasa beliau terhadap perkembangan gerakan pramuka di Kalimantan Timur," ucap Diddy sapaan akrabnya.

Kemudian disampaikannya juga dalam sambutan tertulis Pj Gubernur Kaltim, bahwa diharapkan kegiatan ini tidak hanya membicarakan program kerja di tahun 2024, namun indikasi untuk program kerja sampai tahun 2025 harus sudah direncanakan.

"Ini kekhasan dari gerakan pramuka kita. Jadi tidak hanya membicarakan satu tahun kedepan, tapi sudah berpikir bagaimana tahun 2025 akan datang,"jelasnya lagi.

Dalam era perkembangan teknologi yang pesat, anak anak muda (generasi milenial dan Z) pramuka, semakin mahir menguasai teknologi. Hal ini menjadi tantangan dan peluang untuk mengintegrasikan kemajuan teknologi ke dalam kegiatan pramuka, meningkatkan efisiensi dan memperkaya pengalaman pembelajaran mereka.

"Artinya apa, kita harus menyesuaikan. Nah bagaimana program 2024 dan 2025 mendatang kita bisa menjadikan perkembangan teknologi bagian dari pada gerakan pramuka kita kedepan,"tegas Diddy.

Gerakan pramuka telah eksis sejak dulu hingga sampai sekarang. Disampaikannya bahwa gerakan pramuka adalah gerakan pembentukan karakter. Terpenting lagi gerakan pramuka kedepannya diharapkan bisa menjadi perintis.

Ia membuktikan bahwa banyak kader kader dari Pramuka terbentuknya sebuah jiwa kepemimpinan. Apalagi dengan ditetapkannya Kaltim sebagai Ibukota negara, juga diharapkan pramuka memiliki nilai plus dari dampak kehadiran IKN tersebut.

"Tahun depan kita tidak ketiga lagi karena kita IKN, kita harus yang pertama. Bagaimana caranya? ya hari ini dibicarakan program kedepannya," Serunya disambut tepuk riuh peserta Rakerda.

Sementara itu, Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kalimantan Timur, Fachruddin Djaprie Mengapresiasi kehadiran peserta Rakerda yang akan menentukan rencana program kerja daerah untuk ditetapkan menjadi program kerja Kwartir Daerah Kaltim tahun anggaran 2024.

Dalam kesempatan itu juga, ia menyampaikan salah satu prestasi yang membanggakan dari keikutsertaan Kwarda Kaltim pada acara pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) ke XI Gerakan Pramuka Tahun 2023 di Kota Banda Aceh, Kalimantan Timur meraih juara ketuga Tunggul Kwarda Tergiat secara Nasional periode 2018-2023.

"Penghargaan ini kita peroleh setelah 25 tahun kita menantikan yaitu pada tahun 1998 sebagai Kwartir tergiat untuk wilayah C, Kalimantan dan Sulawesi," ujarnya.

Pengharaan tingkat nasional ini kita peroleh melalui lomba tingkat regu Pramuka penggalang yaitu juara satu putri nasional serta juara tiga putra tingkat regional Kalimantan beberapa waktu yang lalu.

Selain itu, pihaknya juga sudah melaksanakan kegiatan perkemahan besar yaitu Kemah Dewan Saka (KDS) tingkat Kalimantan Timur (Kaltim) di Penajam Paser Utara (PPU).

Kemudian event akbar kepramukaan yang digelar rutin tiap lima tahun sekali yakni Raimuna Daerah Kalimantan Timur Tahun 2023 di bumi perkemahan bebaya Kota Samarinda.

"Kedua kegiatan pramuka penegak dan pandega tersebut, menandai berakhirnya event atau kegiatan besar untuk peserta Kwada Kaltim 2023,"ujarnya.

Dirinya menyimpulkan bahwa dengan demikian maka secara umum Kwarda Kaltim mampu menyelesaikan program program kerja Tahun 2023, dengan menyisakan dua kegiatan yang seyogyanya akan dilaksanakan setelah Rapat Kerja Daerah ini.

"Saya ucapkan selamat mengikuti Rakerda. Semoga apa yang kita lakukan sesuai dengan harapan kita semua,"tutupnya. (rey/pt)