Politik

Bawaslu Kaltim Gelar Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang dan Pemungutan Suara Pemilu Serentak 2024

  •   pipito
  •   10 Februari 2024
  •   6:47pm
  •   Politik
  •   763 kali dilihat

Samarinda - Badan Pengawas Pemilu Provinsi Kalimantan Timur (Bawaslu Kaltim) menggelar Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang dan Pemungutan Suara Pemilu Serentak dengan tema "Pengawas Pemilu Berintegritas untuk Pemilu Berkualitas" di Halaman Gor Sempaja pada Jumat, (09/02/24), dilansir dari laman resmi Bawaslu Kaltim.

Dalam acara tersebut, Ketua Bawaslu Hari Dermanto menyampaikan beberapa hal penting terkait peran pengawas pemilu menjelang pemungutan suara.

Dalam keempatan tersebut Hari Dermanto menjelaskan bahwa peran pengawas pemilu di hari-hari terakhir kampanye dan masa tenang hingga pemungutan suara sangat penting. Keberadaan pengawas pemilu menjadi sorotan bagi banyak pihak terkait kualitas kontestasi pemilu.

“Selama kampanye, telah tercatat 7.120 kegiatan yang telah diawasi. Dari jumlah tersebut, Artinya dari 7.120 kegiatan kampanye terdapat 22 dugaan Pelanggaran Pemilu, namun bisa dikatakan bahwa 99% pengawasan kampanye yang kita awasi bersama-sama berjalan dengan baik,” bebernya.

Adapun Integritas penyelenggaraan pemilu dan prosesnya akan dinilai berdasarkan tiga hal: Integritas Penyelenggara Pemilu, Integritas Proses Pemilu, dan Integritas Hasil Pemilu.

“Kita berharap sebagai pengawas pemilu dapat menjaga integritas selama pemungutan dan penghitungan suara berlangsung," tambah Dermanto.

Acara ini dihadiri oleh berbagai tamu undangan, termasuk perwakilan dari partai politik, OPD, kejaksaan, dan pengawas pemilu yang beroperasi di Provinsi Kalimantan Timur. (bawaslukaltim/pt)

Sumber: bawaslukaltim
Foto :IST