Peternakan

Kaltim Ikuti Kick Off Vaksinasi PMK Nasional

  •   Khajjar Rohmah
  •   28 Januari 2023
  •   4:35pm
  •   Peternakan
  •   532 kali dilihat

Samarinda - Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengikuti Kick Off Pengendalian dan Penanggulangan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Nasional 2023, secara virtual Sabtu (28/1/2023).

Pencanangan vaksinasi massal untuk penanggulangan PMK ini, dilaksanakan serentak oleh 29 provinsi di Indonesia yang dipusatkan di Kabupaten Barru Sulawesi Selatan (Sulsel). Agenda ini dihadiri langsung oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Kick Off vaksinasi massal di Kaltim dilaksanakan di sentra peternakan milik Kelompok Ternak Damarwulan, Jalan Assa'adah RT 19, Lubuk Sawah Kelurahan Mugirejo Samarinda.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian (Kementan) Nasrullah mengatakan, pemerintah berhasil menekan angka kasus PMK hingga 99,7 persen dari puncak kasus pada Juni 2022.

Saat ini, tercatat sudah ada 11 provinsi yang dinyatakan zero reported case bebas kasus PMK, termasuk salah satunya adalah Provinsi Kaltim.

"Kementan telah menyiapkan 32 juta dosis untuk vaskin dosis pertama, kedua, dan booster yang akan disuntikkan kepada hewan ternak yang rentan PMK," ujar Nasrullah saat menyampaikan Laporan Kegiatan Kick Off Vaksinasi PMK Nasional di Kabupaten Barru Sulsel, Sabtu (28/1/2023).

Dalam arahannya, Mentan RI Syahrul Yasin Limpo (SYL) menekankan, Indonesia harus selesai dengan masalah PMK. Agar para peternak seluruh Indonesia dapat kembali bangkit dalam meningkatkan taraf ekonomi keluarganya.

"Tugas pejabat, hadir di tengah situasi apa pun yang terjadi. Tahun ini, saya mau kita selesai dengan PMK, dan pendapatan peternak bisa meningkat tahun ini juga!" tegas mantan Gubernur Sulsel periode 2008 hingga 2018 ini.

Kick Off Pengendalian dan Penanggulangan PMK ditandai dengan penyuntikan vaksin PMK secara simbolis oleh Mentan RI SYL. Sementara di Kaltim, simbolis kick off vaksin PMK dipimpin oleh Sekretaris Provinsi Kaltim, Sri Wahyuni bersama Kepala DPKH Fahmi Himawan, dan Kepala Balai Veteriner Banjarbaru drh. Putut Eko Wibowo.

Nampak hadir membersamai giat Kick Off vaksinasi PMK, Asisten Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Kaltim Iwan Kurniawan, Kepala Diskominfo Kaltim Muhammad Faisal, Kepala Dinas ESDM Kaltim Munawwar, serta jajaran Pemerintah Kota Samarinda dan Anggota Kelompok Ternak Koperasi Damarwulan Prima Persada (DPP). (KRV/pt)