Perdagangan

Tinjau Pasar Segiri, Wamendag Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil 

  •   Khajjar Rohmah
  •   18 Februari 2023
  •   12:46pm
  •   Perdagangan
  •   638 kali dilihat

Samarinda - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Republik Indonesia (RI), Jerry Sambuaga melaksanakan kunjungan kerja ke Kalimantan Timur (Kaltim). Dalam kunjungan tersebut, ia meninjau langsung ketersediaan bahan pokok di Pasar Segiri Samarinda. 

Pria berdarah Manado ini, tak segan berdialog bersama para pedagang pasar untuk mengecek harga dan ketersediaan bahan pokok. Dari tinjauan itu, Jerry memastikan ketersediaan dan harga bahan pokok di Pasar Segiri relatif aman dan stabil. 

"Cabai, tomat, bawang merah, bawang putih, dan bahan pokok lainnya relatif aman. Harga pun cukup terjangkau. Artinya ketersediaan dan harga cenderung stabil," ujar Jerry saat wawancara doorstop bersama para awak media di Pasar Segiri, Sabtu (18/2/2023) pagi. 

Ketersediaan bahan pokok ini yang menurutnya harus terus dijaga. Terlebih menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) bulan Ramadan dan Idul Fitri pada April mendatang. 

Perihal persoalan ancaman ketidakstabilan harga bahan pokok, karena pasokan didatangkan dari luar daerah, Jerry menyampaikan ada beberapa solusi yang dapat dilakukan. 

Pertama, memastikan jalur distribusi logistik serta efisiensi pengiriman berjalan lancar dan efektif. Kedua, menentukan sumber produksi bahan pokok yang dapat menjadi alternatif pengiriman ke wilayah Kaltim. Dan ketiga, koordinasi antara pemerintah daerah dan pusat untuk memastikan kebutuhan pangan tetap terjaga. 

"Kami kan ada Satgas Pangan, kalau ada bahan pokok yang langka di daerah, laporkan kepada kami. Nanti kami bantu follow up," ucap Ketua Umum Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) ini. 

Jerry juga menegaskan, Kemendag akan terus mengawal dan memantau keamanan pangan dan kebutuhan pokok di setiap daerah. Melalui peninjauan langsung ke pasar dan pusat perbelanjaan, pihaknya akan mengatasi setiap persoalan yang ada di lapangan. 

"Saya bersama Pak Menteri, setiap hari turun ke lapangan. Kami ke pasar-pasar di semua kawasan. Di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, sampai Papua. Ini bentuk langkah konkrit kami untuk memastikan kebutuhan pangan terjaga," tegasnya. 

Turut mendampingi Wamendag dalam peninjauan Pasar Segiri, Kepala Disperindagkop Kaltim, Muhammad Sa'duddin, Kepala Dinas Perdagangan Kota Samarinda, Marnabas dan para pejabat terkait. 

Usai peninjauan di Pasar Segiri, Kunjungan Kerja Wamendag ke Bumi Etam dilanjutkan dengan mengunjungi kawasan Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. (KRV/pt)