Perdagangan

Jaga Stabilitas Harga Bahan Pokok, DP2KUKM Kaltim Gencarkan Pasar Murah

  •   Khajjar Rohmah
  •   22 Maret 2024
  •   4:56pm
  •   Perdagangan
  •   180 kali dilihat

Samarinda – Demi menjaga stabilitas harga kebutuhan bahan pokok selama bulan Ramadan, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DP2KUKM) Provinsi Kaltim tengah menggencarkan kegiatan pasar murah di seluruh kabupaten/kota.

“Ini bentuk komitmen pemerintah menjaga kestabilan harga, kita lakukan operasi pasar dan pasar murah secara masif di kabupaten/kota. Terdekat, akan kita lakukan pada empat titik di Kabupaten Paser, “ ujar Kepala DP2KUKM Heni Purwaningsih dalam Jumpa Pers bersama awak media di Kantor Diskominfo Kaltim, Jumat (22/3/2024) .


Pada 27-28 Maret 2024, bersama Pemerintah Kabupaten Paser, DP2KUKM Kaltim akan menggelar operasi pasar murah di empat titik. Yakni di Tanah Grogot, Batu Sopang, Longkali dan Kuaro.

Heni menyebut, pihaknya sudah menjadwalkan sebanyak 126 kegiatan operasi pasar/pasar murah di 10 kabupaten/kota. Pihaknya juga siap memfasilitasi jika ada instansi yang meminta digelar pasar murah di kantor-kantor mereka.



Kegiatan operasi pasar murah ini merupakan sinergi lintas sektor bersama Satgas Pangan, Bulog, BUMD, dan pemerintah kabupaten/kota. Pasar murah akan dilakukan secara simultan bersama stakeholder terkait demi menekan angka inflasi daerah dan menciptakan keterjangkauan harga di pasaran.

“Ini menjadi strategi dalam menjaga stabilitas harga pokok di lapangan. Selain keterjangkauan harga, kita juga menjamin kelancaran distribusi, ketersediaan pasokan, serta menjalin koordinasi dengan lintas sektor,” terang Heni. (KRV/pt)