Perdagangan

Bantu Pemasaran Produk, Business Matching UMKM dan PHRI Hasilkan Transaksi Potensial Rp 6,3 Miliar

  •   Khajjar Rohmah
  •   8 Maret 2024
  •   2:54pm
  •   Perdagangan
  •   235 kali dilihat

Samarinda – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (DPPKUKM) memfasilitasi Penandatanganan Kesepakan Kerja Sama Kegiatan Business Matching antara pelaku UMKM dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kaltim.

Kepala DPPKUKM Kaltim, Heni Purwaningsih menjelaskan, penandatanganan kesepakatan kerja sama ini merupakan bentuk komitmen PHRI dalam pemberdayaan koperasi dan UMKM. Serta sebagai bentuk sinergi antara Pemerintah Provinsi Kaltim, Pemerintah Kota Samarinda, Sektor terkait, pelaku UMKM dan industri perhotelan khususnya di Kota Samarinda.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari SE Pj Gubernur Kaltim Tentang Penggunaan dan Pembelian Produk UMKM dan MoU antara Pemprov Kaltim dengan PHRI tentang Gerakan Ekonomi Beli Produk UMKM,” jelas Heni saat pelaksanaan  Business Matching UMKM dan PHRI Kaltim di Hotel Bumi Senyiur Samarinda, Minggu (03/03/2024).

Dari hasil Businnes Matching terjalin kesepakatan transaksi untuk tahun 2024 dengan total transaksi sebesar Rp 6.331.828.000 dalam setahun antara lima hotel dan 35 UMKM. Kesepakatan kerja sama tersebut meliputi pembelian untuk kebutuhan hotel dan restoran (operasional), minibar di kamar hotel, souvenir/cinderamata untuk tamu, serta fasilitasi space dan event pameran di lobby hotel.

Pada kesempatan itu juga diberikan penghargaan kepada lima hotel dengan nilai transaksi dan komitmen terbesar kepada pelaku UMKM. Di antaranya adalah Hotel Mesra, Hotel Mercure, Hotel Grand Kartika, Hotel Bumi Senyiur dan Hotel Midtown.

DPPKUKM juga akan melakukan perluasan business matching di seluruh kabupaten/kota se-Kaltim dan menjalin kerja sama dengan sektor perhotelan, BUMN, BUMD, swasta serta perangkat daerah lingkup pemerintah provinsi dan kabupaten. (*/pt)