Pengumuman

Tiga Perangkat Daerah Kaltim, Lolos Seleksi Administrasi KIPP PAN RB 

  •   Khajjar Rohmah
  •   11 Mei 2023
  •   8:30pm
  •   Pengumuman
  •   652 kali dilihat

Jakarta - Tiga Perangkat Daerah (PD) lingkup Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dinyatakan lolos seleksi administrasi dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2023. Kompetisi ini digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). 

Ketiga PD yang lolos dalam seleksi administrasi KIPP 2023 di antaranya, yang pertama adalah Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kaltim dengan dua inovasi layanan publik. Yakni E-Samsat dalam Genggaman dan Sistem Informasi Monitoring Pajak Kendaraan Bermotor (Simpator). 

Selanjutnya, Dinas Perkebunan Provinsi Kaltim juga dinyatakan lolos seleksi administrasi KIPP 2023. Dengan program inovasinya yakni Inisiatif Model Kemitraan Pengendalian Kebakaran Lahan dan Kebun (Iman Karlabun). 

Menyusul, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kaltim juga masuk dalam jajaran instansi pemerintah daerah yang lolos seleksi administrasi KIPP 2023. DPKH mengusung program inovasinya yaitu Rekomendasi Peternakan dan Kesehatan Hewan yang Handal dan Informatif (Si Menawan Hati). 

Seleksi administrasi merupakan babak pertama dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2023. Pendaftaran proposal KIPP dilakukan melalui Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) pada 14 Maret sampai 6 Mei 2023. 

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN RB, Diah Natalisa selaku Ketua Tim Sekretariat KIPP 2023 dalam pengumuman resmi menyampaikan, jumlah proposal yang terdaftar di Sinovik ada sebanyak 3.110 proposal. 

Sementara proposal yang disubmit ada sebanyak 2.269 yang terbagi dalam kelompok umum sebanyak 2.124 proposal dan kelompok khusus sebanyak 145 proposal. 

"Dari hasil submit itu, berdasarkan seleksi administrasi oleh Tim Sekretariat KIPP pada 8-9 Mei 2023, dinyatakan 1.381 proposal lolos seleksi administrasi. 1.303 kelompok umum dan 78 kelompok khusus," terang Diah Natalisa dalam rilis resmi Kemenpan RB yang diterbitkan di Jakarta, pada Rabu (10/5/2023). 

Hasil seleksi administrasi ini, dapat dilihat di laman https://sinovik.menpan.go.id. 

Tahap selanjutnya, akan dilakukan penilaian proposal oleh Tim Evaluasi KIPP ada 11 - 31 Mei 2023. Untuk menentukan 99 proposal terbaik atau Top 99. (KRV/pt)