Penghargaan

Wapres Serahkan Penghargaan Hasil Evaluasi Kinerja Pusat Dan Daerah

  •   Rizky Kurniawan
  •   6 Desember 2023
  •   2:35pm
  •   Penghargaan
  •   525 kali dilihat

Nusa Dua - Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin menyerahkan penghargaan atas hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Reformasi Birokrasi (RB), Dan Zona Integritas (ZI) dalam acara RBXperience 2023 Dari Visi Menjadi Aksi yang digelar KemenPAN-RB bertempat di Ballroom Bali Nusa Dua Convention Center 1 Kawasan ITDC NW/1 Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Rabu (6/12).

Penghargaan untuk pemerintah daerah dengan Implementasi RB Tematik Terbaik tahun 2023 diberikan kepada Pemerintah Kota Tangerang, Pemerintah Kota Yogyakarta, dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Pemda yang berhasil mendapatkan nilai SAKIP menjadi A pada Tahun 2023 adalah Pemerintah Kabupaten Banyumas dan Pemerintah Kota Madiun, sementara pemda dengan predikat SAKIP A atau "memuaskan" dengan nilai tertinggi yakni Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dan pemda dengan predikat SAKIP AA atau "sangat memuaskan" yaitu Pemerintah Provinsi DIY.

"Selamat kepada instansi yang mendapatkan predikat B ke atas untuk penilaian pelaksanaan reformasi birokrasi dan SAKIP, serta unit kerja instansi yang ditetapkan sebagai Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)," ucap Ma'ruf Amin.

Selain memberikan penghargaan, Wapres Ma'ruf Amin mengapresiasi kementerian/lembaga pendukung dalam Pelaksanaan RB Tematik tahun 2023 diberikan kepada Kemenko bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kemenko bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kesehatan, Kementerian Investasi/BKPM, Badan Pusat Statistik, serta Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Penghargaan juga diberikan kepada instansi pemerintah dengan unit kerja terbanyak peraih Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM tahun 2023 yaitu Kementerian Keuangan, TNI, serta Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional.

"Semoga prestasi ini semakin menjadi motivasi, baik bagi instansi bersangkutan maupun instansi lainnya, untuk terus melakukan terobosan dalam menggerakkan reformasi birokrasi yang berdampak langsung bagi masyarakat," ungkap Wapres. (Rzk/ty)