Penghargaan

Terbaik dalam Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, Kaltim Terima Paritrana Award 2023

  •   Sefty Wulandari
  •   20 Oktober 2023
  •   7:50pm
  •   Penghargaan
  •   713 kali dilihat

Terbaik dalam Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, Kaltim Terima Paritrana Award 2023

Jakarta – Upaya Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur secara optimal dalam memberikan jaminan sosial ketenagakerjaan berbuah manis. Jum’at (20/10/2023) Pemprov Kaltim meraih penghargaan Paritrana Award 2023 oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI.

Penghargaan tersebut diraih oleh Pemprov Kaltim sebagai pemerintah provinsi terbaik dalam menjalankan program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Paritrana Award 2023 menjadi pengakuan atas kerja keras Kaltim dalam melindungi dan memberikan perlindungan sosial yang baik kepada para tenaga kerja. Upaya ini melibatkan berbagai program hingga peningkatan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Kami sangat bersyukur. Komitmen dalam menjalankan program ini harus diperluas, ” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Kaltim, Sri Wahyuni usai menerima penghargaan bergengsi ini.

 

Dalam mendukung terwujudnya jaminan sosial ketenagakerjaan yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan, Sekda pun berharap pemerintah kabupaten dan kota agar dapat berkomitmen penuh untuk menciptakan perlindungan secara menyeluruh (universal coverage).

"Saat ini sudah kami berikan perlindungan ketenagakerjaan kurang lebih 110 ribu orang, terdiri tenaga non ASN dan profesi pekerja rentan," sambung Sekda Sri

Melalui program BPJS Ketenagakerjaan, diharapkan pekerja dan keluarganya dapat terlindung dari berbagai risiko kerja, sehingga mereka dapat bekerja dengan nyaman dan terjamin kesejahteraan sosialnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma’ruf Amin pun menyampaikan bahwa penyelenggaraan sistem jaminan sosial ketenagakerjaan ini sangat fundamental untuk mencegah dan mengatasi risiko sosial dan ekonomi yang dihadapi oleh pekerja, utamanya pekerja rentan dan keluarganya.

"Jaminan sosial ketenagakerjaan memegang peran signifikan, melalui program ini jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada pencari nafkah utama, keluarga dapat mengakses manfaat dan menggunakan program untuk mempertahankan derajat kehidupan keluarga dan pendidikan anaknya," katanya.

Dalam kesempatan tersebut Wapres juga mengapresiasi para penerima penghargaan Paritrana Award 2023 dan berharap akan adanya peningkatan perlindungan serta kesejahteraan bagi para pekerja di masa yang akan datang.

“Saya mengucapkan selamat kepada para penerima Anugerah Paritrana 2023. Semoga prestasi ini akan memacu motivasi untuk lebih maju lagi dalam memberikan perlindungan bagi para pekerja,” pesannya.

Sebagai informasi selain Pemprov Kaltim, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanagara juga menerima Paritrana Award 2023, diterima langsung Wakil Bupati Kutai Kartanegara Rendi Solihin.

Penghargaan ini menjadi motivasi bagi Kaltim untuk terus memperbaiki dan mengembangkan program jaminan sosial ketenagakerjaan, sehingga dapat lebih bermanfaat bagi masyarakat. (pemprovkaltim/sef/pt)

Dokumentasi : Badan Penghubung Provinsi Kalimantan TImur