Penghargaan

Pertama Digelar Anugerah Tinarbuka 2023 sebagai Momentum Peningkatan Keterbukaan Informasi Publik

  •   Teguh Prasetyo
  •   29 Maret 2023
  •   9:26am
  •   Penghargaan
  •   1515 kali dilihat

Jakarta - Komisi Informasi (KI) Pusat mengadakan Uji Kepatutan Anugrah Tinarbuka di ruang Ivory 4 Hotel Atria Gading Serpong Kabupaten Tangerang Banten, Senin (27/03/2023).

Dalam sambutannya Ketua Komisi Informasi Pusat Donny Yoesgiantoro meminta kepada seluruh peserta presentasi untuk menjadikan Uji Kepatutan Anugerah Tinarbuka 2023 sebagai memontum peningkatan pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di tanah air.

Acara pembukaan dihadiri Wakil Ketua KI Pusat Arya Sandhiyuda, Komisioner Bidang Kelembagaan Handoko Agung Saputro selaku PJ Anugerah Tinarbuka, Komisioner Bidang Regulasi dan Kebijakan Publik Gede Narayana, Komisioner Bidang Penelitian dan Dokumentasi Rospita Vici Paulyn, Komisioner Bidang Advokasi Sosialisasi dan Edukasi Samrotunnajah Ismail, dan Komisioner Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi Syawaludin.

Dalam kesempatan tersebut Donny mengingatkan kepada peserta Uji Kepatutan Anugerah Tinarbuka 2023 bahwa kegiatan ini baru yang perdana dilaksanakan oleh KI Pusat sehingga, perlu mendapatkan atensi dan keseriusan dari seluruh peserta. Menurutnya, Anugerah Tinarbuka yang digagas secara cepat oleh Komisioner Bidang Kelembagaan KI Pusat merupakan rangkaian dari peringatan Hari Keterbukaan Informasi Publik (HAKIN) 2023.

Pelaksanaan Anugerah Tinarbuka 2023 akan dilaksanakan pada acara puncak peringatan HAKIN di Kampar Riau pada 4 Mei mendatang.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Sestama Kementerian Sekretariat Negara untuk meminta kesediaan Bapak Presiden Joko Widodo untuk dapat menyerahkan Anugerah Tinarbuka ini,” ucapnya lagi.

Menurutnya, penilaian monitoring hendak memetakan prakarsa kebijakan program serta inovasi dalam akselerasi budaya keterbukaan informasi di lingkungan atau wilayah kerja KPU Bawaslu Provinsi serta menilai visi dan komitmen Kepala Daerah pada SKPD Provinsi serta Bupati dan Walikota.

“Sekarang ini, baru pertamakalinya digelar Anugerah Tinarbuka sehingga, perlu dijadikan momentum bagi seluruh badan publik yang terpilih ikut uji kepatutan karena nanti penilaian akan lebih berat di masa mendatang,” katanya menjelaskan.

Namun ia juga menyatakan hasil dari penilaian akhir Anugerah Tinarbuka nanti merupakan hasil yang mengikat dan tidak bisa diganggugugat oleh peserta.

Sebagai informasi Nominator yang memenuhi uji kepatutan Anugrah Tinarbuka 2023 Kategori Penyelenggara Pemilu sebanyak 16, Kategori Kabupaten/Kota sebanyak 15 dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (PD) sebanyak 16.

Pembukaan juga dihadiri oleh sejumlah Kepala Daerah, seperti Bupati/Walikota, Kepala Badan/Direktur SKPD serta Ketua KPU/Bawaslu dari seluruh Indonesia yang telah dinyatakan lolos tahap penilaian verifikasi ketersediaan informasi berkala dan informasi tersedia setiap saat di website official masing-masing Badan Publik (BP).


Tampak dalam kesempatan itu, hadir sejumlah Tim Juri dari luar KI Pusat, masing-masing dari Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Novan Ivanhoe Saleh, Giyatno dan Fadly Ilhamy Sikumbang. Sedangkan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Resty Adelia, Pandji Saputra dan Ari Samson, serta dari Kementerian Dalam Negeri Benni Irwan, Ayu Rizkia, Rega Tadeak.

“Sekarang ini, baru pertamakalinya digelar Anugerah Tinarbuka sehingga perlu dijadikan momentum bagi seluruh badan publik yang terpilih ikut uji kepatutan karena nanti penilaian akan lebih berat di masa mendatang,” tutupnya seraya mengingatkan. (tp/pt)