Penghargaan

Panen Apresiasi, Kaltim Raih 6 Penghargaan Proklim dari KLHK

  •   Khajjar Rohmah
  •   24 Oktober 2023
  •   8:02pm
  •   Penghargaan
  •   541 kali dilihat

Jakarta - Prestasi tak menurun! Justru semakin meningkat. Lagi-lagi, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) kembali menerima apresiasi tinggi dari Pemerintah Pusat atas prestasi di bidang lingkungan. 

Provinsi Kaltim berhasil meraih Penghargaan Apresiasi Pembinaan Program Kampung Iklim Tingkat Provinsi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Penghargaan tersebut berhasil diraih Kaltim selama tiga tahun berturut-turut. Sejak 2021, 2022, dan 2023. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kaltim, Encek Achmad Rafiddin Rizal  menerima langsung penghargaan apresiasi tersebut. Sekaligus mendampingi penerima penghargaan Program Kampung Iklim (ProKlim) Tahun 2023 untuk kategori Lestari dan kategori Utama. 

Penyerahan penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar di Auditorium Dr. Ir. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti Jalan Gatot Subroto Jakarta, pada Selasa (24/10/2023). 

Selain Penghargaan Apresiasi Pembinaan Program Kampung Iklim Tingkat Provinsi, Kaltim juga berhasil memperoleh Penghargaan Proklim kategori Tropy Lestari oleh Kelurahan Teritip Kecamatan Balikpapan Timur Kota Balikpapan. Dan kategori Tropy Utama diraih oleh Kelurahan Gunung Telihan, Kecamatan Bontang Barat, Kota Bontang yang diberikan secara faktual oleh Menteri LHK- RI.

"Penerimaan Penghargaan tersebut menjadi bukti bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Lingkungan Hidup terus mengimplementasikan gerakan pengendalian perubahan iklim berbasis komunitas sebagai bentuk pengakuan pemerintah atas inisiatif, dedikasi, dan komitmen masyarakat di yurisdiksi Provinsi Kalimantan Timur dalam melaksanakan kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim," jelas Kepala DLH Kaltim, EA Rafiddin Rizal. 

Hal tersebut merupakan dukungan Pemda Provinsi Kaltim dalam merealisasikan program Pemerintah Pusat untuk mencapai target 20.000 Kampung Iklim pada Tahun 2024.

Terkait dengan penghargaan Proklim yang telah diterima oleh Kabupaten/Kota di Benua Etam, Rizal mengaku sangat bangga dan mengapresiasi kerja keras, kerja cerdas, serta kerja ikhlas yang telah dilakukan oleh semua pihak. Sehingga Provinsi Kalimantan Timur bisa mendapatkan penghargaan Proklim dari Kementerian LHK – RI.

Rizal menambahkan, bahwa kedua kalinya Provinsi Kalimantan Timur menerima penghargaan Proklim untuk kategori Lestari dengan kewajiban lokasi yang diusulkan wajib melakukan pembinaan pada 10 lokasi Kampung Iklim.

Pada saat yang bersamaan, Rizal juga mengucapkan selamat atas prestasi yang dicapai oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang memperoleh piagam apresiasi pembinaan Proklim tingkat Kota yang langsung diterima oleh Wali Kota Bontang, Basri Rase. Serta piagam apresiasi pendukung Proklim Tahun 2023 diraih oleh PT. Kaltim Methanol Industri dan PT. Kilang Pertamina Internasional RU V Balikpapan.

Pada Tahun 2023, jumlah Kampung Iklim yang diusulkan melalui SRN Kementerian LHK- RI oleh Dinas LH Provinsi Kalimantan Timur sebanyak 40 kampung/desa/kelurahan yang terdiri dari 7 kabupaten/kota. Yaitu Kota Balikpapan (1 usulan), Kota Bontang (2 usulan), Kabupaten Kukar (12 usulan), Kabupaten Kubar (1 usulan), Kabupaten Kutim (7 usulan), Kabupaten PPU (12 usulan), dan Kabupaten Paser (5 usulan). (*/pt) 

Sumber: PPID DLH Prov. Kaltim