Penghargaan

Konsisten Dengan Musik Rock, D.A.F Band Samarinda Raih Juara Karya Cipta Terbaik

  •   Rizky Yusuf
  •   30 Desember 2022
  •   11:09am
  •   Penghargaan
  •   782 kali dilihat

Samarinda – Prestasi membanggakan kini diraih oleh kawula muda kota Samarinda. Kali ini datang dari Band lokal asal Kota Tepian “D.A F Band” yang meraih Juara Karya Cipta Terbaik pada pergelaran Lomba Aksi Musik Anak Bangsa Tema "Damai Kita Harmoni Indonesia" yang diselenggarakan Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) RI.

Band lokal asal kota Tepian ini mendapatkan prestasi Juara Karya Cipta Terbaik terpilih diantara 502 peserta dari 34 Provinsi se Indonesia.

Kilas balik cerita awal mula D.A.F Band mendapatkan penghargaan tersebut diawali dengan mengikuti salah satu event pada bulan lalu dan diikuti oleh regional masing-masing provinsi.

"Nah pas di Kaltim kebetulan diadakannya di Cafe D'Bagios yang terletak di Jalan Basuki Rahmat, jadi waktu itu disuruh membawakan lagu ciptaannya Kepala Badan Nasional Penanggulangan terorisme (BNPT) Komjen Pol Dr. Boy Rafli Amar yang berjudul "Salam Indonesia Harmoni" secara cover lagu, sehingga diambilah tiga besar. Nah tiga besar ini yang mewakili provinsi di Seluruh Indonesia," ucap Dodi Juniansyah salah satu personel D.A.F Band mengawali cerita, Kamis (29/12/2022).

Dodi juga menceritakan, yang dilombakan dan dikompetisikan adalah mengupload video clip lagu dari Kepala BNPT 'Salam Indonesia Harmoni' dan lagu kedua merupakan karya Cipta Band D.A.F sendiri yang berjudul 'Bangsa Pemenang'.

"Itu yang dilombakan dan dikompetisikan yang outputnya itu satu lagu Cover terbaiknya, kedua lagu Karya Ciptanya dan yang ketiga Video terbaiknya. Video clip yang di upload tersebut dijadikan satu yang kami submit ke kompetisi lomba sehingga kami kebagian nominasi Karya Cipta Terbaiknya," terang Dodi.

D.A.F Band yang beranggotakan tiga personil dan bergenre Rock ini, terbentuk sejak tahun 2015 terdiri dari Dodi sebagai vocal dan guitar, bassis Arif dan drummer Feby.

Bagi dodi, harapan setelah meraih penghargaan BNPT, D.A.F Band dapat dikenal secara meluas dikancah nasional.
Harapan Dodi tersebut begitu besar, karena tak hanya mengukir prestasi dengan mengikuti beberapa event di kaltim, D.A.F Band juga telah mengikuti event di nasional.

“Kalau tingkat kota sering sih. Selevel Kaltim ada juga, waktu itu di Balikpapan. Nasional yang kemarin diadakan di PT. Pindad Bandung. Waktu itu kami dapat juara 3 pada waktu itu se Nasional juga. Yang terakhir ya ini di BNPT," beber Dodi.

Dirinya mengakui, jika sempat gak nyangka juga, spechless juga . Mulai dari penyisihan yang regional itu rata rata penyanyi solo semua, hanya D.A.F Band saja yang formatnya Band. Sudah Band musiknya Rock pula.

Usaha dari penampilan terbaik yang dilakukan D.A.F Band ini menghasilkan masuk tiga besar yang disebut juara satu regional. Penerimaan penghargaan itu pun dihadiri oleh wakil gubernur kaltim, H. Hadi Mulyadi.

"Awal nyaa sih kami sempat Hopeless. Bisa gak ini kami ikut? Eh ternyata kami masuk tiga besar. Waktu itu sebutannya juga juara satu di regional. Dihadiri Wakil Gubernur Kaltim H. Hadi Mulyadi sampai dapat tambahan hadiah pula," pungkas Dodi.

Lanjut ke videoclip, dodi juga sempat pesimis juga karena baginya mungkin yang akan keluar jadi juara orang yang memiliki Entertaiment.

"Ah kayaknya nih berat ini. Mungkin yang dicari Entertain, pikir saya begitu pada saat itu. Karena ini lagu buat Instansi Bangsa Negara, eh tau taunya dengan Musik Rock Pun kami bisa tembus dan juara juga,"tutupnya. (rey/pt)