Penghargaan

Kaltim Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya 2023

  •   Khajjar Rohmah
  •   21 Desember 2023
  •   4:57pm
  •   Penghargaan
  •   420 kali dilihat

Jakarta – Provinsi Kalimantan Timur menerima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2023 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap keberhasilan dan prakarsa pemerintah daerah dalam mencapai tujuan Pembangunan Pengarusutamaan Gender, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak.

Kepala Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim Noryani Sorayalita menjelaskan, Kalimantan Timur menerima Penghargaan APE dalam beberapa kategori. Di antaranya adalah Kategori Nindya yang diterima oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim. Kategori Madya diterima oleh Kabupaten Berau, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kota Samarinda dan Kota Balikpapan. Serta Kategori Pratama yang diterima oleh Kabupaten Paser.

“Alhamdulillan Pemprov Kaltim memperoleh penghargaan dengan Kategori Nindya. Terima kasih kepada pimpinan atas arahannya dan Kepala Perangkat Daerah (PD) atas peran sertanya pada penyelenggaraan pengarusutamaan gender dalam pembanguna. Semoga tahun depan lebih baik lagi,” ungkap Kepala DKP3A Kaltim, Noryani Sorayalita mewakili Pj Gubernur Kaltim usai menerima penghargaan Parahita Ekapraya Tahun 2023 di Gedung Metro TV Kedoya Kebun Jeruk Jakarta Barat, Selasa (19/12/2023).



Diketahui, Anugerah Parahita Eka Praya merupakan penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia kepada pemerintah daerah atas keberhasilan dan prakarsa dalam pencapaian pembangunan pengarusutamaan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di daerah. Anugerah Parahita Ekapraya diberikan oleh Kementerian PPPA sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PUG). (KRV/pt)