Penghargaan

Kalimantan Timur Raih Dua Prestasi Gemilang di Anugrah KPI 2023

  •   Teguh Prasetyo
  •   27 November 2023
  •   7:05am
  •   Penghargaan
  •   383 kali dilihat

Jakarta - Provinsi Kalimantan Timur meraih kebanggaan dengan meraih dua penghargaan dalam Anugrah KPI 2023 yang diselenggarakan di Hotel Ayana Mid Plaza Jakarta pada Minggu (26/11/2023).

Penghargaan pertama, "Kategori Pemerintah Peduli Penyiaran," diterima oleh Kepala Dinas Kominfo Kaltim, H.M. Faisal. Sementara penghargaan kedua, "KPI Daerah Inovatif dan Kolaboratif," diterima oleh Ketua KPID Kaltim, Irwansyah.

H.M. Faisal selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kaltim menyambut apresiasi dari KPI, dengan harapan bahwa penghargaan ini akan mendorong pemerintah Provinsi Kaltim untuk terus konsisten dan meningkatkan peran dalam mendukung lembaga penyiaran televisi dan radio.

Menurutnya tema Anugrah KPI 2023, "Ecobroadcasting," memberikan penghargaan kepada lembaga penyiaran dan pemerintah yang peduli terhadap isu lingkungan.

"Alhamdulillah atas apresiasi dari KPI, mudah - mudahan ini bisa mendorong pemerintah Provinsi Kaltim untuk tetap konsisten dan meningkatkan perannya ke lembaga penyiaran televiai dan radio," ungkap Faisal saat diwawancara awak media.

Ketua Askompsi ini menyatakan komitmen untuk tetap mendukung KPID dalam menghasilkan konten berkualitas untuk masyarakat Kaltim. Kategori kedua, "KPI Daerah Inovatif dan Kolaboratif," menjadi dukungan positif baru bagi KPID Kaltim. 

"Kami tetap konsisten mendukung KPID dalam menjalankan tugas sehingga menghasilkan konten yang berkualitas untuk masyarakat Kaltim," ujar Pria berkacamata Ini.

Di tempat yang sama Ketua KPID Kaltim, Irwansyah menambahkan ini salah satu support yang positif sekali yang diterima dari KPI Pusat dan menjadi sinergi baru bagi KPID Kaltim.

Irwansyah menyebutkan Penghargaan Kategori Inovatif dan Kolaboratif dipersembahkan untuk masyarakat Kaltim.

Dalam kesempatan tersebut Irwansyah menekankan pentingnya inovasi dan kolaborasi program, termasuk keterlibatan universitas di Kaltim untuk membawa perubahan dalam penyiaran.

"Bukan hanya inovatif dan kolaborasi program tetapi kolaborasi ke Universitas di Kaltim untuk melihat pandangan kedepan Penyiaran Kaltim yang membawa perubahan," tuturnya.

Adapun Anugerah Penghargaan ini mencakup 25 kategori dan melibatkan dewan juri dari KPI Pusat, anggota DPR RI, Lembaga Sensor Film (LSF), akademisi, pengamat media, jurnalis senior, hingga psikologi klinis. KPI menerima total 469 program siaran yang bersaing dalam kategori televisi dan radio. (tp/pt)

Berikut daftar pemenang yang diperoleh Kalimantan Timur :
Kategori Peduli Penyiaran
1. Pemprov Banten
2. Pemprov Kalimantan Timur
3. Pemprov Lampung
4. Pemprov NTB
5. Pemprov Sulawesi Selatan
6. Pemprov Bengkulu

Kategori KPI Daerah Inovatif dan Kolaboratif
1. KPI Daerah Bengkulu
2. KPI Daerah Jawa Barat
3. KPI Daerah Jawa Tengah
4. KPI Daerah Kalimantan Timur
5. KPI Daerah Sulawesi Selatan
6. KPI Daerah Banten
7. KPI Daerah Sulawesi Tengah
8. KPI Daerah D.I Yogyakarta
9. KPI Daerah Sumatera Barat